cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Menjaga Kulit Bersih dan Sehat, Cuci Muka Minimal Dua Kali Sehari Yuk!

Sangat penting untuk menjaga kulit sehat dan pori-pori bersih. Oleh karenanya, mencuci muka menjadi hal yang sangat direkomendasikan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
ilustrasi membersihkan wajah (shutterstock)
ilustrasi membersihkan wajah (shutterstock)

Himedik.com - Para ahli menyebutkan, bahwa cuci muka seharusnya dilakukan minimal dua kali sehari. Hal ini diperlukan untuk membersihkan pori-pori dan menjaga kulit tetap sehat.

"Para ahli umumnya menyarankan agar pasien mencuci muka dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali lagi sebelum tidur," kata dokter kulit bersertifikat, Caren Campbell, MD yang praktik pribadi di San Francisco pada Insider

Mencuci muka di pagi hari membersihkan wajah dari keringat dan minyak dari rambut Anda yang mungkin menumpuk di wajah saat tidur. 

"Ini juga akan menghilangkan bakteri dari sarung bantal Anda," kata Sara Hogan, MD, seorang dokter kulit di UCLA Medical Center, Santa Monica.

Selain itu, Hogan mengatakan mencuci muka di pagi hari juga penting untuk  meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit siang hari, termasuk pelembab dan tabir surya.

Sementara cuci muka di malam hari akan menghilangkan kotoran seperti makeup, kotoran, minyak, keringat, dan bahkan residu dari polusi yang menumpuk di kulit Anda sepanjang hari.

Tujuannya untuk menghindari penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.

Namun, ada beberapa peringatan untuk aturan dua kali sehari. Campbell merekomendasikan untuk menghapus riasan apapun sebelum berolahraga dan juga mencuci muka setelah berolahraga.

Saat berolahraga, minyak dan keringat alami dapat terkumpul pada kulit dalam jumlah yang lebih tinggi yang berisiko tinggi menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

Ilustrasi perempuan mencuci muka (shutterstock)
Ilustrasi perempuan mencuci muka (shutterstock)

"Keringat, minyak, dan kotoran menumpuk di kulit dan dapat menyumbat folikel rambut, yang menyebabkan peningkatan risiko jerawat," kata Hogan.

Jika sedang bepergian dan tidak punya waktu untuk mencuci wajah setelah olahraga, Campbell merekomendasikan setidaknya menggunakan penghapus wajah bebas pewangi. 

Di sisi lain, jika kulit sangat teriritasi atau mengalami peradangan aktif seperti flareups rosacea atau eksim, Anda mungkin perlu mengurangi cuci muka dengan hanya  sekali sehari.

Dalam hal ini Anda harus cuci muka di malam hari untuk membersihkan kulit dari makeup, keringat, kotoran, minyak, dan polusi.

Terkait

Terkini