cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

New Normal, Ini 5 Klasifikasi Kegiatan Harian yang Berisiko Tularkan Corona

Para peneliti mengklasifikasi sejumlah kegiatan harian sebagai risiko rendah, risiko rendah-sedang, risiko sedang, risiko sedang-tinggi dan risiko tinggi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi penyebaran virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi penyebaran virus corona. (Shutterstock)

Himedik.com - Saat new normal, orang-orang sudah mulai kembali bekerja, beberapa pusat perbelanjaan mulai dibuka, jalanan pun sudah mulai ramai. Tetapi tidak semua orang merasa nyaman dengan kembali ke kehidupan normal saat pandemi virus corona, terutama mereka yang memiliki kondisi kesehatan jangka panjang. 

Oleh karena itu, dilansir dari Independent, para peneliti di AS telah menyusun daftar kegiatan yang diberi peringkat sehubungan dengan risiko mereka tertular Covid-19.

"Kegiatan-kegiatan keseharian ini diklasifikasikan oleh dokter dari Texas Medical Association (TMA) Covid-19 Satuan Tugas dan Komite TMA untuk Penyakit Menular," tulis petugas medis seperti yang dilansir dari Independent.

Para peneliti mengklasifikasi sejumlah kegiatan sebagai risiko rendah, risiko rendah-sedang, risiko sedang, risiko sedang-tinggi dan risiko tinggi.

Membuka email dan pergi ke restoran untuk takeaway adalah beberapa kegiatan yang terdaftar di bagian risiko rendah, sementara makan secara  prasmanan, pergi ke bar, dan menghadiri acara-acara dengan kerumunan besar semuanya dianggap berisiko tinggi.

Selain itu, belanja bahan makanan, berjalan-jalan atau berlari, makan di luar restoran dan bermain golf adalah aktivitas berisiko menengah-rendah.

Berikut adalah beberapa klasifikasi kegiatan harian mulai dari risiko rendah hingga tinggi menurut TMA:

1. Resiko rendah

2. Risiko rendah menengah

 

Penjual jamu keliling, Tidar (46) dengan menggunakan masker dan pelindung wajah melayani pembeli di kawasan Pasar Baru, Jakarta, Selasa (9/6). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Penjual jamu keliling, Tidar (46) dengan menggunakan masker dan pelindung wajah melayani pembeli di kawasan Pasar Baru, Jakarta, Selasa (9/6). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

3. Risiko sedang

4. Risiko sedang hingga tinggi

5. Risiko tinggi

Terkait

Terkini