cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Kurangi Penyebaran Covid-19, Ahli Sarankan Buka Jendela saat Nyalakan AC

Para ahli menyarankan untuk menyalakan AC hanya dengan disertai membuka jendela karena risiko penyebaran virus corona yang tinggi di dalam ruangan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ruangan ber-AC. (pixabay/Free-Photos)
Ruangan ber-AC. (pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Ahli menyebutkan, bahwa saat Anda menggunakan AC di ruangan, maka ventilasi udara segar tetap harus dijaga dengan buka jendela. Sebab mereka takut bahwa tetesan Covid-19 dapat ditularkan dengan lebih mudah lewat udara di dalam ruangan walau orang-orang sudah duduk bejauhan. 

Dilansir dari Independent, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan virus corona dapat menyebar melalui tetesan kecil yang mengambang di udara dalam ruang tertutup.

Sementara, Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan Inggris menyebutkan risiko penyebaran virus corona di tempat kerja sangat rendah selama ada pasokan udara segar dan ventilasi yang memadai.

"Tetapi jika Anda menggunakan sistem ventilasi terpusat yang memindahkan dan mengedarkan udara ke ruangan yang berbeda, disarankan agar Anda mematikan resirkulasi dan menggunakan pasokan udara segar," kata Eksekutif Kesehatan dan Keselamatan Inggris.

Beberapa pendingin udara mengambil udara dari luar dan mengeluarkannya lagi atau resirkulasi udara yang sama. 

"Strategi yang disarankan sekarang, jika Anda memiliki salah satu dari unit-unit AC ini, maka Anda disarankan membuka jendela dan mengorbankan keinginan Anda untuk lingkungan yang sejuk atau dingin," kata Dr. Shaun Fitzgerald dari Royal Academy of Engineering.

Ilustrasi kantor. [Shutterstock]
Ilustrasi kantor. [Shutterstock]

"Jika ada sedikit angin maka itu akan menggerakkan udara sekitar. Jika Anda tidak dapat membuka jendela, matikan unit pendingin," imbuhnya.

Dokter Fitzgerald mengatakan bahwa membuka jendela saat mengoperasikan unit adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko.

Peneliti kesehatan lingkungan Harvard, Joseph Gardner Allen mengatakan sistem ventilasi dengan filter yang sangat efektif adalah cara kunci untuk menyaring tetesan dari udara.

Sebuah penelitian di China pada bulan April menghubungkan penularan virus corona ke unit pendingin udara setelah makan malam di sebuah restoran di kota Guangzhou menginfeksi sembilan orang lainnya.

"Kami menyimpulkan bahwa dalam wabah ini, transmisi tetesan didorong oleh ventilasi ber-AC. Faktor kunci untuk infeksi adalah arah aliran udara," kata para peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Guangzhou.

Enam bulan lebih telah berlalu, virus corona telah menginfeksi lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia.

Terkait

Terkini