Info

Mudah Ditemukan, Ketahui 9 Manfaat Kesehatan Lemongrass

Selain sehat, lemongrass atau serai ini nikmat untuk dibuat sebagai campuran minuman, lho.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi lemongrass, serai. (Pixabay)
Ilustrasi lemongrass, serai. (Pixabay)

Himedik.com - Salah satu bumbu dapur yang sering ditambahkan dalam berbagai masakan, yakni lemongrass atau serai rupanya memiliki segudang manfaat. Aromanya yang khas tak hanya membuat masakan lebih lezat, tapi juga bisa digunakan sebagai obat untuk banyak masalah kesehatan.

Dirangkum dari Times of India, berikut beberapa manfaat kesehatan penting dari lemongrass.

1. Mendorong pencernaan: semua masalah dimulai dari usus. Menyesap secangkir teh serai panas membantu mengurangi kembung, kram perut, membantu pencernaan dan juga mencegah sembelit.

2. Bertindak sebagai diuretik: teh serai membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mengurangi edema dan retensi air. Juga baik untuk masalah pra dan pasca menstruasi. Juga, bermanfaat untuk wanita yang mengalami gejala menopause dan perubahan suasana hati.

3. Memiliki sifat anti-inflamasi: bermanfaat bagi orang yang menderita radang sendi. Kombinasi beberapa tetes minyak pala bersama dengan minyak atsiri serai lalu dipijatkan ke area yang sakit bisa membantu meredakannya.

Ilustrasi minyak serai. (Shutterstock)
Ilustrasi minyak serai. (Shutterstock)

4. Detoks: dapat dikonsumsi sebagai teh untuk meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan.

5. Menurunkan tekanan darah: kadar kalium yang tinggi juga membantu menurunkan tekanan darah sistolik tinggi.

6. Sifat anti-oksidan: bertindak sebagai pembersih hati dan ginjal.

7. Baik untuk penderita diabetes: serai juga bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes karena membantu menurunkan kadar gula darah.

8. Sifat anti-bakteri/jamur: membantu menyembuhkan pilek, batuk, flu dan hidung mampet karena polutan dari udara karena membantu mengeluarkan lendir.

9. Aromaterapi: aroma serai dapat mengurangi stres, sakit kepala, dan ketidakmampuan untuk tidur, meningkatkan suasana hati dan merangsang produksi serotonin.

Berita Terkait

Berita Terkini