cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Masalah Kulit hingga Kanker, Ini 5 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

Baking soda sendiri dikenal sebagai natrium bikarbonat yang memiliki sifat ragi, begini manfaatnya pada kesehatan!

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
baking soda/ResepKoki
baking soda/ResepKoki

Himedik.com - Selain untuk membuat makanan, baking soda ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari baking soda, antara lain:

1. Obati mulas

Mulas juga dikenal sebagai refluks asam. Ini adalah sensasi terbakar dan menyakitkan yang muncul di bagian atas perut dan dapat menyebar ke tenggorokan.

Beberapa penyebab umum refluks adalah makan berlebihan, stres dan makan makanan berminyak atau pedas.

Baking soda dapat membantu mengobati mulas dengan menetralkan asam lambung. Larutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin dan minumlah campuran itu perlahan-lahan.

Perlu diingat bahwa baking soda sangat tinggi natrium pada 629 mg per setengah sendok teh. Penggunaan berkelanjutan dapat menyebabkan alkalosis metabolik dan masalah jantung.

Ilustrasi Anak Sakit Perut. (Shutterstock)
Ilustrasi Anak Sakit Perut. (Shutterstock)

2. Atasi sariawan

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berkumur dengan menggunakan baking soda sangat bagus untuk menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan.

Anda dapat membuat obat ini dengan menambahkan setengah sendok baking soda dengan air dingin. Bilas mulut Anda dengan campuran ini sekali sehari sampai sariawan sembuh.

3. Meringankan kulit gatal dan terbakar akibat sinar matahari

Membilas tubuh dengan baking soda sering disarankan untuk menenangkan kulit yang gatal. Metode ini biasa digunakan untuk gatal-gatal akibat gigitan serangga dan sengatan lebah.

Selain itu, baking soda juga dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat terbakar sinar matahari. Beberapa orang mengklaim itu bisa lebih efektif bila dikombinasikan dengan bahan lain seperti tepung jagung dan oatmeal.

Untuk membuat rendaman soda kue, tambahkan 1-2 cangkir soda kue ke rendaman air suam-suam kuku.  Untuk area yang lebih spesifik, Anda juga mencampurkan dengan soda kue dan sedikit air dan oleskan ke area yang sakit.

Ilustrasi kulit memerah dan gatal. (Shutterstock)
Ilustrasi kulit memerah dan gatal. (Shutterstock)


4. Memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis

Orang dengan penyakit ginjal kronis (CKD) perlahan-lahan kehilangan fungsi ginjalnya.

Sebuah penelitian yang melibatkan 134 orang dewasa dengan CKD menemukan bahwa mereka yang menggunakan suplemen sodium bicarbonate (baking soda) 36 persen lebih kecil mengalami perkembangan penyakit.

Pastikan untuk berbicara dengan dokter sebelum meminum soda kue.

5. Dapat meningkatkan pengobatan kanker tertentu

Kanker adalah penyebab kematian nomor dua di dunia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa baking soda dapat membantu obat-obatan kemoterapi bekerja lebih efektif. 

Baking soda juga dapat membuat lingkungan tumor tidak terlalu asam yang menguntungkan perawatan kemoterapi.

Namun, bukti tersebut terbatas pada indikasi awal dari penelitian pada hewan dan sel, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian berbasis manusia.

Terkait

Terkini