cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 09 Agustus 2020

4 Alternatif Sarapan Sehat untuk Mengawali Hari, Mudah dan Lezat!

Sarapan sehat di bawah ini praktis dan mudah dikonsumsi.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sarapan. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi sarapan. (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Sarapan pagi sering terlewatkan begitu saja oleh banyak orang. Padahal, terbiasa makan sarapan sehat sangat baik, terlebih bagi Anda yang sedang menjalani program diet karena dapat memberi energi dan mencegah makan terlalu banyak selama seharian.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa sarapan sehat yang praktis nan lezat, antara lain:

1. Telur

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya, serta membantu menjaga kadar gula darah dan insulin yang stabil.

Dalam sebuah penelitian, pria yang makan telur untuk sarapan merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori selama sisa hari mereka.

Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati.

Meskipun tinggi kolesterol, telur tidak meningkatkan kadar kolesterol pada kebanyakan orang. Faktanya, memakan telur utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan memodifikasi bentuk kolesterol LDL "jahat" dan meningkatkan kolesterol HDL "baik" serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Ilustrasi menggoreng telur. [Shutterstock]
Ilustrasi menggoreng telur. [Shutterstock]

2. Kopi

Kopi adalah minuman yang luar biasa untuk memulai hari Anda. Kafein dalam kopi telah terbukti meningkatkan suasana hati, kewaspadaan dan kinerja mental.

Sebuah analisis dari 41 studi menemukan dosis paling efektif adalah 38-400 mg per hari untuk memaksimalkan manfaat kafein sambil mengurangi efek samping. Kira-kira 0,3 hingga 4 cangkir kopi per hari.

Kafein juga terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Dalam satu studi, 100 mg kafein per hari membantu orang membakar 79-150 kalori ekstra selama 24 jam.

Selain itu, kopi kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah Anda, dan mengurangi risiko diabetes serta penyakit hati. 

4 Alternatif Sarapan Sehat untuk Mengawali Hari, Mudah dan Lezat! - 2

3. Oatmeal 

Tidak diragukan lagi, oatmeal adalah pilihan sarapan sehat untuk Anda.

Oatmeal terbuat dari gandum tanah, mengandung serat unik yang disebut oat beta-glukan. Serat ini memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi kolesterol.

Oat juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

4. Buah

Semua jenis buah mengandung vitamin, potasium, serat dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah potong menyediakan sekitar 80-130 kalori, tergantung pada jenisnya.

Buah juga relatif mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi.

Terkait

Terkini