Info

Simak! 5 Negara yang Mengembangkan Vaksin Covid-19 Paling Potensial

Banyak negara di dunia tengah berlomba megembangkan vaksin Covid-19 yang paling efektif.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Terkait pandemi Covid-19 yang tak kunjung melandai, sejumlah negara mulai dari Amerika Serikat, China, hingga India berlomba-lomba mengembangkan vaksin Covid-19 paling efektif. Bahkan beberapa di antaranya sudah memasuki penelitian tahap lanjut dan uji klinis ke manusia.

Di Indonesia sendiri, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan uji klinis untuk vaksin Covid-19 ditargetkan mulai tahun 2021.

Lalu bagaimana dengan negara-negara lain? Simak rangkumannya di bawah ini ya.

1. Rusia Rampungkan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Pada Manusia

Rusia menjadi negara pertama yang berhasil menyelesaikan uji klinis vaksin Covid-19 pada manusia sebagaimana dilaporkan India Times, Senin (13/7/2020).

Uji coba yang dipimpin Elena Smolyarchuk, pemimpin Pusat Penelitian Klinis Obat di Sechenov University, membuktikan vaksin itu efektif untuk pengobatan Covid-19.

Baca selengkapnya

Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]
Ilustrasi vaksin Covid-19. [Shutterstock]

2. Vaksin Virus Corona AS Siap Masuk Fase Uji Klinis Tahap 3

Vaksin virus corona atau Covid-19 buatan Amerika Serikat dari perusahaan biotek Moderna akan segera memasuki fase uji coba klinis tahap 3 pada 27 Juli 2020 mendatang. Mereka akan dengan menggandeng 30.000 peserta.

Hal ini dilakukan setelah vaksin buatannya menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam tahap uji coba awal 45 peserta, dimana data lengkapnya akan diterbitkan dalam jurnal peer-review.

Baca selengkapnya

3. Kandidat Vaksin Covid-19 Kedua di India Masuk Fase Uji Klinis ke Manusia

India siap melakukan uji klinis ke manusia untuk kandidat vaksin Covid-19 kedua yang dikembangkannya.

Dilansir Antara, perusahaan pembuat obat Zydus telah menerima persetujuan dari regulator India untuk memulai penelitian pada manusia (uji klinis) untuk kandidat kedua vaksin Covid-19.

Baca selengkapnya

4. Harapan, Vaksin Covid-19 dari Universitas Oxford Memasuki Uji Klinis Akhir!

Vaksin Covid-19 yang menjanjikan dari University of Oxford dan AstraZeneca Plc dikabarkan sudah dalam tahap akhir uji klinis.

Dikenal sebagai dikenal sebagai AZD1222, vaksin ChAdOx1 nCoV-19, akan diberikan kepada 10.260 orang dewasa dan anak-anak pada tahap berikutnya di Inggris.

Baca selengkapnya

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)

5. Cu-Cov19, Calon Vaksin Covid-19 dari Thailand Siap Diproduksi Massal

Thailand tengah bersiap memasuki fase produksi massal usai fase uji klinis kepada manusia terkait vaksin CU-Cov19 selesai.

Dilansir Anadolu Agency, CU-Cov19, vaksin virus korona yang sedang dikembangkan peneliti Thailand bekerja sama dengan University of Pennsylvania, akan memasuk produksi massal pada akhir kuartal ketiga tahun depan.

Baca selengkapnya

(Suara.com/M. Reza Sulaiman)

Berita Terkait

Berita Terkini