cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Tak Perlu Olahraga, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Membakar Kalori!

Ada banyak kebiasaan rumahan yang bisa membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi membersihkan rumah. (pixabay/pascalhelmer)
Ilustrasi membersihkan rumah. (pixabay/pascalhelmer)

Himedik.com - Olahraga merupakan salah satu cara untuk membakar kalori demi menjaga bentuk tubuh tetap ideal dan mengurangi berat badan.

Tapi, beberapa orang mungkin tidak terlalu suka atau semangat olahraga. Meskipun mereka ingin menurunkan berat badan dan memiliki bentuk tubuh ideal.

Karena itu dilansir dari Express, ada 5 kebiasaan yang tak terasa seperti olahraga tapi cukup efektif membakar kalori. Mari simak!

1. Tidur

Terlalu banyak tidur sering kali dipandang sebagai hal buruk. Faktanya, semakin banyak tidur maka seseorang semakin banyak membakar kalorinya.

"Tidur dan istirahat adalah waktu menurunkan berat badan," kata Ahli Gizi, Hannah Richards.

Hannah Richards mengatakan siklus sirkadian tubuh dari jam 6 pagi sampai 12 malam berada di zona aktivitas percepatan. Pada pukul 12 siang sampai 6 sore, tubuh berada di zona aktivitas melambat.

Di antara pukul 18.00 sampai 22.00, tubuh berada dalam mode wind-down saat Matahari turun dan cahaya alami meredup.

Kemudian, tubuh mulai memperbaiki secara fisik dari pukul 22.00 hingga 06.00. Bahkan tubuh juga memperbaiki secara psikologis selama rentang waktu tersebut.

Menurut Hannah, tubuh membakar banyak kalori ketika tidur, terutama selama tahap tidur REM (gerakan mata cepat). Jumlah kalori yang terbakar setiap malam pun tergantung pada berat badan dan lamanya waktu tidur.

Tidur nyenyak/Shutterstock
Tidur nyenyak/Shutterstock

2. Membersihkan rumah

Kegiatan bersih-bersih perabotan rumah tidak hanya baik untuk kesejahteraan mental, tetapi juga membantu membakar kalori. Karena, bersih-bersih mendorong tubuh untuk berkeringat yang sering Anda tidak sadari kalau itu sama seperti olahraga.

Pada wanita, membersihkan rumah bisa membakar kalori hampir 200 per jam dan lebih dari 200 pada pria.

3. Seks

Hubungan seks tidak hanya meningkatkan mood dan semangat, tatpi juga membantu membakar kalori. Hubungan seks setengah jam bisa membakar 60 kalori untuk pria dan 53 kalori untuk wanita.

Tapi, banyaknya kalori yang terbakar akibat hubungan seks juga tergantung pada posisinya. Karena, posisi hubungan seks ini juga memengaruhi otot-otot tertentu.

Ilustrasi berhubungan seks (Shutterstock)
Ilustrasi berhubungan seks (Shutterstock)

4. Belanja

Jalan-jalan di pusat perbelanjaan juga membantu membakar kalori. Karena, Anda cenderung banyak berjalan hingga ratusan langkah yang bisa membakar kalori tanpa disadari.

Bahkan berjalan di pusat perbelanjaan sambil membawa beban seperti tas atau barang belanjaan. Karena itu, pergilah belanja ke pusat perbelanjaan daripada memakai layanan online.

5. Menari

Menari juga membantu membakar kalori dengan menggerakkan tubuh. Aktivitas ini tak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga pikiran dan jiwa. Secara umum, menari bisa membakar kalori hingga 240 pada pria dan 209 pada wanita selama setengah jam.

Terkait

Terkini