cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Konsumsi 5 Buah Ini Bisa Turunkan Berat Badan, Bikin Kenyang Lebih Lama!

Ahli nutrsi menyebutkan aspek penting dalam menurunkan berat badan adalah mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Buah bisa menahan rasa kenyang lebih lama, sehingga banyak ahli merekomendasikan untuk makan buah saat Anda ingin menurunkan berat badan.

Dilansir dari Everyday Health, Martha Lawder, RDN, presiden Akademi California menyatakan bahwa buah bisa mempertahankan kenyang lebih lama. 

"Buah bisa memberikan kenyang karena seratnya dan buah ini enak. Itu membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk diet," ujar Lawder yang juga merupakan ahli nutrisi dan diet yang berbasis di Roseville.

Berikut adalah beberapa buah yang patut Anda coba untuk menurunkan berat badan, antara lain:

Apel

Kristen Smith, RDN yang berbasis di Atlanta, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan ahli diet terlisensi menyatakan, bahwa apel memiliki serat tinggi dan rendah kalori. 

"Makanan dengan peningkatan serat dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama," kata Smith. 

"Untuk kenyang dan asupan serat yang optimal, makan dengan kulitnya," tambahnya.

Jeruk

Jeruk berukuran sedang menghasilkan 3,14 gram serat atau 11 persen dari keburtuhan harian Anda. Tapi itu hanya berlaku jika Anda makan buah jeruk secara utuh, bukan jus. 

"Jeruk dikemas dengan vitamin C yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh Anda membuat kolagen, dan membantu penyerapan zat besi," ujar Smith.  

Mangga

Sebuah studi kecil jangka pendek yang diterbitkan pada April 2017 di The FASEB Journal menemukan bahwa mangga menurunkan tekanan darah dan membantu pengaturan gula darah yang keduanya berperan dalam metabolisme.

"Ini juga meningkatkan penanda peradangan," catat para peneliti. 

Mangga juga menawarkan serat yang mendukung penurunan berat badan. Dalam satu mangga, Anda mendapatkan 3,31 gram serat yakni sekitar 12 persen serat dari kebutuhan harian Anda.

Ilustrasi Buah-buahan [pxhere]
Ilustrasi Buah-buahan [pxhere]

Alpukat

Alpukat memiliki lemak baik untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Alpukat adalah salah satu makanan nabati paling berlemak, namun jenis lemak baik atau lemak tak jenuh.

"Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam alpukat telah dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik dan mereka meningkatkan tingkat kekenyangan Anda," kata Lawder. 

Serat juga berkontribusi terhadap efek kenyang pada alpukat di mana satu setengah alpukat menyediakan 4,55 gram serat, hampir 16 persen dari kebutuhan harian. 

Pisang 

Menurut Kelsey Lorencz, RDN ahli diet yang berbasis di Michigan menyatakan bahwa bagian dari karbohidrat pisang berbentuk serat pektin dan pati resisten. 

"Kedua hal ini sebenarnya dapat membantu mengatur gula darah, bukan melonjaknya," kata Lorencz. 

Jenis pati memperlambat pencernaan yang membuat Anda kenyang lebih lama serta menjaga gula darah stabil sehingga dapat mempertahankan energi.

Terkait

Terkini