cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Cegah Penularan Virus Corona, Jangan Lupa Bersihkan Kacamata!

Membersihkan dan mendinfeksi kacamata secara rutin bisa membantu mencegah penularan virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi wanita cerdas berkacamata - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi wanita cerdas berkacamata - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Kebersihan adalah kunci utama dalam melindungi diri dari virus corona Covid-19. Selain kebersihan tangan, Anda juga perlu memikirkan kebersihan lingkungan dan benda di sekitar.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, kita perlu menggunakan 70 persen larutan atau pemutih berbasis alkohol untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh.

Permukaan yang sering disentuh ini temasuk meja, gagang pintu, papan tombol, remote, wastafel, keran tangan dan lainnya yang sering disentuh.

Meskipun semua orang sudah berusaha untuk memastikan kebersihan lingkungannya. Tapi, ada beberapa permukaan atau benda yang sering terlewatkan untuk dibersihkan atau didisinfeksi.

Kacamata adalah salah satu benda yang paling sering terlewatkan untuk didisinfeksi. Padahal semua orang sudah dilarang keras untuk menyentuh wajah tanpa mencuci tangan.

Ilustrasi kacamata [Shutterstock].
Ilustrasi kacamata [Shutterstock].

Tapi dilansir dari Times of India, tidak membersihkan kacamata secara teratur juga bisa menjadi masalah penularan virus corona Covid-19. Meskipun Anda sudah menahan diri tidak menyentuh wajah dan selalu mencuci tangan.

Karena, Anda pasti lebih sering menyentuh kacamata untuk menyesuaikannya atau tanpa alasan. Kebiasaan ini bisa membuat kotoran di jari-jari tangan berpindah ke permukaan kacamata.

Walaupun Anda sudah memakai masker untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19. Tapi, masker hanya menutupi bagian hidung dan mulut. Sedangkan virus corona Covid-19 juga bisa menular melalui mata.

Sehingga ada baiknya untuk mendisinfeksi atau membersihkan kacamata secara rutin. Selain membuat penglihatan lebih jelas, membersihkan kacamata juga mengurangi risiko tertular virus corona Covid-19.

Ilustrasi memakai kacamata. (Unsplash/Aspotolos A)
Ilustrasi memakai kacamata. (Unsplash/Aspotolos A)

Cara membersihkan kacamata

Anda bisa menggunakan tisu beralkohol atau cairan alkohol untuk membersihkan kacamata. Jika Anda tak memiliki keduanya, Anda bisa mengambil sedikit cairan pencuci piring dan meletakkannya di handuk bebas serat untuk membersihkan kacamata.

Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih lensa dan kain mikrofiber untuk membersihkan kacamata setiap selesai dipakai atau setelah pulang dari berpergian.

Terkait

Terkini