cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 07 Agustus 2020

Tak Hanya Fisik, Buah dan Sayur Mentah Juga Baik untuk Kesehatan Mental

Sebuah studi melaporkan, bahwa buah dan sayuran yang tidak diolah dapat menjaga kesehatan mental.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
buah dan sayur (shutterstock)
buah dan sayur (shutterstock)

Himedik.com - Selain menjaga kesehatan fisik, ternyata makan buah dan sayur yang tidak diolah alias mentah juga baik untuk kesehatan mental. Hal ini dinyatakan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Frontiers in Psychology. 

Penulis utama penelitian ini, Dokter Tamlin Corner yang merupakan dosen senior psikologi menyatakan, asupan makanan mungkin memengaruhi kesehatan mental seseorang. 

"Penelitian kami telah menyoroti bahwa konsumsi buah dan sayuran yang tidak melalui proses pengolahan lebih terkait dengan kesehatan mental dibandingkan dengan buah dan sayuran kaleng atau dimasak," kata Corner seperti yang dikutip dari Science Daily.

Menurut peneliti, mengubah bentuk buah dan sayur akan mengurangi tingkat nutrisi. Hal ini bisa membuat pengurangan nutrisi yang penting untuk fungsi emosi.

Ilustrasi Makan Buah dan Sayur untuk Jaga Kesehatan Usus. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Buah dan Sayur untuk Jaga Kesehatan Usus. (Shutterstock)

Dilansir dari Science Daily, para peneliti mengikuti lebih dari 400 orang dewasa muda berumur 18 hingga 25 tahun di Selandia Baru dan Amerika Serikat selama penelitian.

Rentang umur ini dipilih karena mereka termasuk kelompok dengan konsumsi buah dan sayur terendah. 

Kelompok umur 18 hingga 25 tahun juga dianggap rentan mengalami gangguan kesehatan mental.

"Konsumsi buah dan sayur yang tidak diolah terkait dengan risiko lebih rendah terkena gejala penyakit mental, seperti depresi," catat Corner.

Tak Hanya Fisik, Buah dan Sayur Mentah Juga Baik untuk Kesehatan Mental - 2

Peneliti juga menyatakan bahwa makan buah dan sayur tanpa diolah juga meningkatkan kesehatan psikologis termasuk suasana hati yang positif hinga kepuasan hidup.

Tetapi manfaat buah dan sayur untuk kesehatan mental akan berkurang secara signifikan jika buah dan sayur diolah atau dikalengkan.

Dalam hal ini, peneliti merekomendasikan 11 macam buah dan sayur mentah terbaik yang berkaitan dengan kesehatan mental, yakni: wortel, pisang, apel, sayuran berdaun gelap seperti bayam, buah sitrus, buah jenis beri, jeruk bali, selada, jeruk, mentimun, dan Kiwi.

Terkait

Terkini