cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 09 Agustus 2020

Peneliti Sebut 3 Langkah Ini Bisa Menekan Penyebaran Virus Corona

Sebuah studi menunjukkan bahwa penyebaran virus corona mungkin bisa ditahan dengan tiga perilaku sederhana, meski tanpa vaksin.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Himedik.com - Penyebaran virus corona mungkin bisa dihentikan jika 50 persen populasi mau melakukan tiga perilaku kesehatan sederhana. Hal tersebut dinyatakan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS Medicine pada Selasa (21/7/2020).

Ketiga perilaku kesehatan tersebut adalah rutin mencuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak satu sama lain.

Dilansir dari CNN, para peneliti membuat pemodelan baru untuk melihat upaya pencegahan mana yang dapat membantu menghentikan penyebaran virus corona.

"Epidemi besar dapat dicegah jika tindakan dilakukan lebih dari 50 persen orang," catat para peneliti dari University Medical Center Utrecht.

Ada tiga skenario dalam pemodelan tersebut. Pertama, jika publik terlambat merespon wabah namun kemudian mengubah perilaku mereka, maka dapat mengurangi jumlah kasus corona tetapi tidak menunda puncak kasus.

Kedua, jika pemerintah melakukan lockdown lebih awal tetapi tidak ada yang mengambil langkah-langkah perlindungan pribadi (cuci tangan, pakai masker, jaga jarak), maka akan menunda puncak kasus tetapi tidak mengurangi jumlah puncak kasus. 

Ketiga, jika pemerintah memberikan aturan wajib jaga jarak  dengan dikombinasikan  kesadaran dan langkah-langkah pribadi, mka ketinggian puncak kasus bisa menurun bahkan setelah pemerintah mengangkat pemberlakukan jarak sosial.

"Secara praktis, ini berarti bahwa SARS-CoV-2 tidak akan menyebabkan wabah besar di negara yang 90 persen populasinya mengadopsi cuci tangan dan jarak ," catat para peneliti. 

Ilustrasi cuci tangan. (Dok: Pixabay)
Ilustrasi cuci tangan. (Dok: Pixabay)

Oleh karena itu, para penulis berpendapat bahwa pemerintah harus lebih banyak mengimbau masyarakat tentang pentingnya meningkatkan kesadaran jaga jarak, cuci tangan, dan menggunakan masker.

"Jika kita semua orang mengenakan masker selama empat, enam, delapan, hingga dua belas minggu ke depan maka penularan virus ini bisa berhenti," kata Dr. Robert Redfield, seorang virologis dan mantan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Dukungan terhadap perlindungan pribadi untuk menekan penyebaran virus juga dinyatakan oleh Brett Giroir, seorang anggota gugus tugas Covid-19 untuk Gedung Putih.

"Fakta-fakta sederhana ini benar-benar dapat menghentikan wabah tanpa membuat daerah Anda mati," ujar Brett Giroir.

Terkait

Terkini