Info

Perlukah Memakai Sarung Tangan untuk Cegah Virus Corona? Ini Kata Ahli!

Ahli mulai berpikir perlunya memakai sarung tangan untuk mencegah penularan virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi menggunakan sarung tangan (Pixabay)
Ilustrasi menggunakan sarung tangan (Pixabay)

Himedik.com - Saat ini masyarakat umum belum disarankan untuk memakai sarung tangan sebagai alat pelindung diri dari virus corona Covid-19. Semua orang hanya disarankan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sosial.

Meski begitu, angka kasus virus corona Covid-19 masih terus bertambah. Sehingga memunculkan pertanyaan apakah memakai sarung tangan perlu dipertimbangkan sebagai perlindungan diri sehari-hari.

Dalam bincang House of Lords mengenai peraturan perlindungan diri dari virus corona, Lord Bethell dari Departemen Kesehatan dan Perawatan Sosial mengatakan pemakaian sarung tangan perlu dipertimbangkan di tengah pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini. Karena, pemerintah perlu mempertimbangkan cara mencegah penyebaran dan melindungi masyarakat dari virus.

"Apakah pemerintah telah memiliki pandangan mengenai penggunaan sarung tangan? Kita semua pasti sudah mengikuti panduan mencuci tangan, tapi penggunaan sarung tangan di luar dan dalam ruangan bisa mencegah penularan virus corona," jleas Baroness Mclntosh dari Pickering dikutip dari Express.

Lord Bethell pun menjawab bahwa sampai sekarang belum ada pedoman penggunaan sarung tangan untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19.

Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

Saat ini belum ada satu negara di dunia yang merekomendasikan penggunaan sarung tangan bagi masyarakatnya di tengah pandemi virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun tidak menganjurkan penggunaan sarung tangan untuk melindungi diri. Alasannya, mencuci tangan teratur sesuai anjuran lebih efektif membunuh virus daripada memakai sarung tangan.

Karena itu, aturan wajib memakai sarung tangan di tengah pandemi seolah tidak mungkin terjadi. Saat ini, aturan wajib memakai masker pun masih menimbulkan banyak keraguan dan kebingungan.

Beberapa orang tidak yakin memakai masker bisa melindungi dirinya dari virus atau tidak. Meskipun pengguaan masker sudah diwajibkan di ruang publik, termasuk toko, supermarket, transportasi umum.

Tapi, John Apter, ketua nasional Federasi Kepolisian Inggris dan Wales mengatakan pasukannya tidak memiliki sumber daya untuk menegakkan hukum secara luas dan menolak seseorang yang tidak memakai masker untuk masuk ke toko atau semacamnya.

Ilustrasi Covid-19 - (Pixabay/sweetlouise)
Ilustrasi Covid-19 - (Pixabay/sweetlouise)

"Anggota kami diminta untuk mengawasi semua orang telah melakukan cara hidup baru di tengah pandemi. Kami akan di sana untuk membantu toko menerapkan protokol kesehatan. Tapi, itu hanya sebagai upaya terakhir, karena kami juga tidak memiliki sumber daya banyak," jelas John Apter.

Pasalnya, banyak orang Inggris yang menilai masker hanya sebagai barang bawaan. Sehingga banyak orang tidak memakainya ketika bepergian, kecuali ada perintah tegas dari pemerintah harus memakainya, bukan sekadar saran.

Sebanyak 4 dari 10 orang mengaku tidak pernah memakai masker, karena mereka merasa tidak perlu melakukannya. Alasannya, mereka bisa menjauhkan diri dari lingkungan ramai, bisa mematuhi aturan jarak fisik atau berpergian di area yang tidak tertutup.

Lalu, 1 dari 5 orang mengatakan memakai masker tidak wajib karena mereka lebih paham di mana mereka menempatkan diri. Selain itu, banyak pula yang mengeluhkan ketidaknyamanan ketika memakai masker.

Berita Terkait

Berita Terkini