Info

Berapa Lama Hand Sanitizer Efektif Melindungi Tangan dari Covid-19?

Penting dicatat bahwa hand sanitizer tidak memberikan perlindungan berkepanjangan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi wanita memakai hand sanitizer (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi wanita memakai hand sanitizer (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Pandemi Covid-19 memaksa orang-orang untuk melakoni kebiasaan baru, yakni protokol kesehatan berupa pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Jika tidak ada sabun dan air, hand sanitizer pun bisa digunakan untuk menjaga kebersihan tangan.

Namun sampai berapa lama hand sanitizer efektif melindungi tangan dari virus? Dilansir dari Times of India, hand sanitizer  disebut hanya mampu melindungi tangan selama dua menit.

Oleh karena itu penting dicatat bahwa hand sanitizer tidak memberikan perlindungan berkepanjangan dan harus dipakai kembali jika terjadi kontaminasi ulang.

Menurut para ahli, pembersih itu hanya efektif ketika berada di jalan dan tidak memiliki akses ke air dan sabun untuk membersihkan tangan Anda atau akan menjabat tangan seseorang.

Bagaimanapun, cara terbaik untuk menjaga kebersihan tangan Anda adalah dengan mencuci mereka dengan sabun dan air. Untuk menghindari infeksi, Anda tidak boleh menyentuh wajah dan makan kecuali Anda baru saja mencuci tangan.

Ilustrasi hand sanitizer. [Shutterstock]
Ilustrasi hand sanitizer. [Shutterstock]

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk menggunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol dan menggosoknya selama 30 detik pada telapak tangan Anda untuk membunuh kuman yang ada di permukaan.

Menurut CDC, pembersih tangan berbasis alkohol dapat menjadi alternatif untuk sabun dan air jika terjadi keadaan darurat. Tapi itu seharusnya tidak menjadi solusi utama.

Di sisi lain, hand sanitizer tidak akan membunuh semua kuman. Mereka hanya bertindak cepat dan secara signifikan mengurangi jumlah kuman di kulit.

Untuk melindungi diri dari infeksi, bersihkan tangan Anda tepat sebelum makan atau menyentuh wajah Anda. Tidak masalah jika Anda sudah memakai hand sanitizer 10 menit yang lalu. Pakailah lagi untuk membersihkannya.

(Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

Berita Terkait

Berita Terkini