Info

Nia Ramadhani Tak Tahu Bentuk Buah Markisa, Ketahui 5 Manfaat Buah Ini!

Nia Ramadhani kembali menghebohkan warganet karena tidak mengetahui bentuk buah markisa.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Nia Ramadhani [Suara.com/Evi Ariska]
Nia Ramadhani [Suara.com/Evi Ariska]

Himedik.com - Nia Ramadhani kembali membuat geger warganet lantaran tidak mengetahui bentuk buah markisa. Sebelumnya, ia sempat membuat heboh karena tidak bisa mengupas salak.

Ketidaktahuan Nia Ramadhani itu ketahuan ketika ia bermain 'ABC lima dasar' bersama Vidi Aldiano. Mereka harus menyebutkan jenis sayuran dan buah yang berawal dari huruf M.

Nia Ramadhani sempat kebingungan sampai akhirnya menebak buah markisa. Tapi, Nia Ramadhani mengaku tidak mengetahui bentuk markisa.

"Markisa!" kata istri Ardi Bakrie dalam channel YouTube Vidi Aldiano.

"Oh, damn it!" celetuk Vidi Aldiano

"Yeay (benar). Eee tapi (markisa) gimana ya bentuknya?" tanya Nia Ramadhani.

Markisa termasuk buah anggur tropis yang tumbuh di daerah beriklim hangat, termasuk Amerika Selatan, Australia, Afrika Selatan dan India.

Nia Ramadhani [Suara.com/Ismail]
Nia Ramadhani [Suara.com/Ismail]

Buah markisa mengandung pulp yang lembuh dan banyak bijinya. Buah markisa ini juga termasuk sumber antioksidan kuat yang memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Dilansir dari NDTV, berikut ini 5 manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah markisa.

1. Mengontrol gula darah

Buah markisa memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah kandungan serat tinggi (10,4 persen). Karena itu, buah ini sangat bagus untuk mempertahankan kadar insulin penderita diabetes.

Dr. Sandhya Mishra, Spesialis Diabetes juga mengatakan buah markisa tinggi serat seperti pektin yang bisa membuat Anda merasa kenyang tanpa menambah asupan kalori.

2. Kulit lebih muda

Antioksidan dalam markisa, seperti vitamin A, vittamin C, riboflavin dan karoten sangat baik untuk kulit. Antioksidan ini membantu mengurangi produksi radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas dihasilkan oleh sel-sel tubuh kita sebagai produk sampingan dan bisa menyebabkan penuaan kulit. Selain itu, sifat anti-inflamasi dalam buah markisa juga membantu menenangkan kulit kita.

Buah Markisa punya manfaat bagi kesehatan. (shutterstock)
Buah Markisa punya manfaat bagi kesehatan. (shutterstock)

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi buah markisa yang kaya vitamin C, beta-cryptoxanthin dan alpha-karoten membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga memiliki zat besi yang bisa membantu meningkatkan hemoglobin dalam sel darah merah.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan riboflavin (vitamin B6) dan niacin (vitamin B3) dalam buah markisa membantu mengatur aktivitas tiroid dalam tubuh. Buah markisa ini juga mencegah pengerasan dinding arteri jantung (atherosclerosis) dan menjaga fungsi jantung. Senyawa fenolik dan alkaloid juga dapat membantu meredakan kecemasan dan mengobati insomnia hingga tingkat tertentu.

5. Mencegah osteoporosis

Buah markisa dikenal tinggi mineral, seperti magnesium, kalsium, zat besi fosfor, kalium dan natrium. Mineral ini menjaga kepadatan tulang, membantu pemulihan tulang dengan cepat dan mencegah osteoporosis.

Berita Terkait

Berita Terkini