Info

Uang Bisa Terkontaminasi Virus, Cucilah Tangan Usai Memegangnya

Sebab kebersihan tangan adalah cara paling ampuh yang dapat diterapkan setiap orang untuk mencegah penularan kuman.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi uang. (Pixabay)
Ilustrasi uang. (Pixabay)

Himedik.com - Di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini orang-orang diimbau untuk melakukan transaksi cashless. Sebab, permukaan uang pun bisa terkontaminasi virus dan kuman.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah studi tahun 2017 meneliti seberapa kotor permukaan uang. Mereka meneliti uang kertas USD 1 yang diperoleh di musim dingin dan musim panas 2013 dari bank Manhattan, Amerika Serikat (AS).

Para peneliti menemukan 397 spesies bakteri, yang sebagian besar berasal dari kulit manusia dan Staphylococcus Epidermis. Tentu saja virus corona bisa bertahan sebentar juga, sebab dolar AS adalah uang dari linen dan kapas.

Maka dari itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menunjukkan dalam pedoman Covid-19 untuk orang-orang selalu memilih transaksi rutin yang tidak melibatkan interaksi fisik, seperti menggunakan layanan perbankan drive-through, mengakses aplikasi mobile banking dan menggunakan mesin teller otomatis.

Dalam situasi di mana kunjungan ke bank masih diperlukan, CDC menyatakan bahwa kita harus mengenakan kain penutup wajah, menerapkan jarak fisik di dalam bank dan menggunakan pembersih tangan setelah menyentuh benda-benda di dalam bank atau mesin ATM.

Ilustrasi uang kertas. [Shutterstock]
Ilustrasi uang kertas. [Shutterstock]

Bank juga disarankan untuk menerapkan langkah-langkah keselamatan yang akan membantu mencegah kemungkinan transmisi Covid-19. Staf juga harus mengenakan masker wajah dan mematuhi jarak fisik. Penggunaan pembatas tembus pandang antara staf dan nasabah juga direkomendasikan.

Namun pada akhirnya, yang paling utama untuk dilakukan adalah selalu mencuci tangan setelah meninggalkan bank maupun memegang uang. Sebab menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tangan adalah "jalur utama transmisi kuman."

Kebersihan tangan adalah cara paling ampuh yang dapat diterapkan setiap orang untuk mencegah penularan kuman seperti virus corona baru (Covid-19). Sabun dan air adalah cara yang lebih direkomendasikan, tetapi hand sanitizer berbasis alkohol pun diperbolehkan di saat darurat.

Berita Terkait

Berita Terkini