cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Ingin Makan Daging Kurban Tanpa Rasa Bersalah? Catat 4 Tips Ini

Berbagai olahan daging sapi maupun kambing akan berlimpah di hari Idul Adha.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi olahan daging kambing. (Pixabay/sharonang)
Ilustrasi olahan daging kambing. (Pixabay/sharonang)

Himedik.com - Identik dengan daging kurban, hari Idul Adha pun disambut dengan suka cita bagi para pencinta daging. Tapi beberapa mungkin khawatir dengan masalah kesehatan terkait makan daging

Berbagai olahan daging memang bisa menyebabkan naiknya kolesterol dan berat badan. Sebab jika dilihat dari kandungan gizinya, daging mengandung lemak yang tinggi, khususnya lemak jenuh, dan kolesterol. 

"Konsumsi makanan tinggi lemak dan kalori, seperti dalam hidangan Idul Adha juga berisiko meningkatkan kadar kolesterol darah," kata Nourmatania Istiftiani SKM, Scientific FibreFirst darinsiaran pers yang Suara.com terima pada Selasa (28/7/2020).

Ilustrasi (Shutterstock)
Ilustrasi (Shutterstock)

Namun, bukan berarti kita tidak dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol dan berat badan saat Idul Adha. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi dan mencegah kedua hal tersebut, antara lain:

1. Pilih bagian daging dengan kandungan sedikit lemak
Pilih bagian daging yang mengandung sedikit lemak atau kamu dapat membuang lemak yang ada di daging kurban. Hindari juga mengonsumsi bagian jeroan, karena ini mengandung lemak dan kolesterol tinggi.

2. Porsi secukupnya
Perhatikan porsi atau jumlah daging yang dikonsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori atau tinggi lemak juga akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada pencernaan yang umum terjadi pada hari raya, seperti refluks dan dispepsia.

Terkait

Terkini