cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Pakar Penyakit Menular AS Menyarankan untuk Memakai Kacamata, Mengapa?

Selain memakai masker, pakar penyakit menular AS menyarankan untuk memakai pelindung mata.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi wanita berkacamata - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi wanita berkacamata - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Anthony Fauci, pakar penyakit menular Amerika Serikat mengatakan memakai kacamata atau pelindung mata akan memberikan perlindungan menyeluruh terhadap virus corona, selain pemakaian masker.

"Secara teoritis Anda harus melindungi semua permukaan mukosa (mata, hidung, mulut), jadi jika Anda memiliki kacamata atau pelindung mata, Anda harus menggunakannya," katanya dalam sebuah wawancara dengan ABC News di Instagram, Rabu (29/7/2020) kemarin.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit sudah merekomendasikan untuk memakai masker yang menutupi hidung dan mulut di depan umum. Tapi, virus juga dapat masuk melalui mata.

Fauci pun merekomendasikan pemakaian kacamata di sampaing masker bagi orang yang menginginkan perlindungan sempurna dari Covid-19.

Meski begitu, ia mengaku sarannya ini bukan rekomendasi universal.

Ilustrasi seorang perempuan berkacamata mengenakan masker. [Shutterstock]
Ilustrasi seorang perempuan berkacamata mengenakan masker. [Shutterstock]

"Jika kamu punya kacamata atau pelindung mata, kau harus memakainya. Ini bukan rekomendasi universal, tetapi jika kau ingin lebih lengkap, kau mungkin harus menggunakannya," kata Fauci, dilansir dari Fox News.

Ia menambahkan, salah satu alasan kacamata belum direkomendasikan daripada masker adalah karena masker lebih mudah dibuat di rumah.

Menuju musim semi, Fauci mendorong orang-orang untuk vaksin flu dan berharap masker akan melindungi orang-orang dari flu serta virus corona.

 

Terkait

Terkini