cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 09 Agustus 2020

Waspada! Wajah Bengkak Bisa Jadi Tanda Kanker Paru-Paru

Gejala kanker paru-paru umumnya berupa kesulitan bernapas, sakit kepala, hingga nyeri dada yang terjadi sering.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi kanker paru. (pixabay/OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi kanker paru. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

Himedik.com - Kanker paru-paru memang sering kali ditandai dengan masalah pernapasan, sakit kepala, hingga nyeri dada yang terjadi sering. Tetapi ada gejala kanker paru-paru lain, yakni wajah bengkak

Melansir dari Express, gejala yang mungkin muncul adalah wajah yang membengkak. Bengkaknya wajah pada orang dengan kanker paru-paru ini mungkin disebabkan oleh masalah suplai darah yang tersumbat. 

Dalam hal ini, kanker dapat menekan vena cava superior, pembuluh darah yang membawa darah dari tubuh bagian atas kembali ke jantung. Jika pembuluh darah ini tersumbat oleh tumor kanker paru-paru, maka dapat menyebabkan bengkak di wajah.

"Banyak orang akan berpikir wajah bengkak adalah tanda reaksi alergi," kata Yayasan Kanker Paru-Paru Roy Castle.

"Namun wajah bengkak dapat disebabkan oleh obstruksi vena cava superior yang biasanya disebabkan oleh kanker paru-paru," tambahnya. 

Ilustrasi kanker paru. (Shutterstock)
Ilustrasi kanker paru. (Shutterstock)

Vena cava superior adalah vena besar di dada yang mengalirkan darah dari bagian atas tubuh ke jantung. Obstruksi vena cava superior terjadi ketika sesuatu menghentikan aliran darah di mana biasanya disebabkan oleh kanker paru-paru yang dekat dengan vena.

"Beberapa pasien kanker paru-paru juga mengalami sakit punggung atau bahu," imbuhnya.

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling serius karena biasanya sulit dikenali sampai menyebar ke bagian tubuh lainnya.  Tanda-tanda kanker paru-paru cenderung mucul ketika kanker telah menyebar melalui paru-paru.

Sekitar sepertiga pasien kanker paru-paru bertahan hidup selama setidaknya satu tahun setelah diagnosis. Sementara hanya satu dari 20 pasien yang bertahan hidup selama 10 tahun dengan kanker paru-paru.

Terkait

Terkini