cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Rabu, 12 Agustus 2020

Gerak Cepat, Rusia Berencana Luncurkan Vaksin Covid-19 pada Agustus

Rusia telah menyiapkan peluncuran vaksin pada bulan Agustus yang direncanakan untuk umum.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Rusia menyatakan siap meluncurkan vaksin Covid-19 pertama di dunia pada Agustus dan tersedia untuk umum. Peluncuran ini mungkin akan tetap dilakukan walau keamanan vaksin masih banyak dipertanyakan.

Melansir dari India Times, Rusia berencana meluncurkan vaksin virus corona pertama di dunia untuk penggunaan umum dalam waktu dua minggu ke depan meski vaksin belum terbukti keamanannya.

Vaksin yang akan diluncurkan tersebut berbasis vektor adenoviral yang saat ini dalam uji coba fase 2. Vaksin ini sedang dikembangkan oleh peneliti militer dan pemerintah Rusia.

Para pejabat Rusia berharap segera mendapatkan persetujuan untuk vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Gamaleya Institute di Moskow pada 10 Agustus atau bahkan sebelumnya. Vaksin ini akan tersedia untuk penggunaan umum dan petugas kesehatan.

Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)
Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)

Meski begitu Rusia belum merilis data ilmiah tentang vaksin ini sehingga menimbulkan banyak pertanyaan tentang keamanan dan kemanjuran vaksin. Sementara itu, vaksin yang akan diluncurkan ini baru akan menunjukkan hasil uji coba fase III pada 3 Agustus. 

Pejabat kesehatan khawatir tentang keamanan vaksin ini karena data pengujian manusia belum lengkap.

Sebelumnya, vaksin dari Oxford menjadi salah satu yang paling potensial. Vaksin Oxford kini sedang dalam uji coba Fase III yang melibatkan ribuan sukarelawan. Ini adalah salah satu calon vaksin yang pengembangannya paling cepat di dunia.

Pengembang vaksin lain yang banyak diharapkan adalah dari perusahaan China Sinopharm, raksasa farmasi China Sinovac, dan vaksin dari Moderna Inc telah mencapai Tahap III percobaan manusia.

Terkait

Terkini