Info

Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi, Cobalah Rutin Minum Teh Hijau!

Minum teh hijau secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi secara signifikan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi teh hijau. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi teh hijau. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Jumlah kolesterol jahat yang banyak bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Kolesterol jahat ini menempel di dinding arteri dan bisa menyebabkan sejumlah permasalahan kesehatan.

Kolesterol jahat ini bisa mempersempit jalan arteri, lalu membuat jantung bekerja lebih keras untuk mengangkut darah ke seluruh tubuh.

Seiring waktu, kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung yang termasuk salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Gejala penyakit jantung termasuk nyeri dada atau angina, serangan jantung dan gagal jantung. Penyakit mematikan ini muncul ketika suplai darah jantung terganggu oleh penumpukan lemak lain, yang termasuk kolesterol jahat di arteri koroner.

Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok mempelajari manfaat kesehatan dari mengonsumsi teh hijau. Mereka berusaha mengidentifikasi dan mengukur efek teh hijau dan ekstranya terhadap kolesterol total (TC), kolesterol LDL dan kolesterol HDL.

5 Cara Mengendalikan Kadar Kolesterol Usai Lebaran. (Shutterstock)
Kadar kolesterol. (Shutterstock)

Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat karena terdapat rasio kolesterol terhadap protein yang tinggi. Kolesterol LDL ini adalah jenis kolesterol yang bisa menyumbat arteri dan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius.

Sedangkan dilansir dari Express, kolesterol HDL adalah kolesterol baik karena memiliki rasio protein terhadap kolesterol yang lebih tinggi, sehingga memungkinkan lipoprotein untuk mengambil kelebihan kolesterol untuk dibawa kembali ke hati.

Saat kolesterol disimpan dalam hati, kolesterol akan dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

John Hopkins Medicine telah mengidentifikasi dua sumber kolesterol adalah diet dan hati. Hati membuat semua jenis kolesterol yang dibutuhkan tubuh. Jadi, kelebihan kolesterol dari makanan perlu diatasi.

Selain berolahraga dan menjaga berat badan yang sehat, lembaga kesehatan itu juga menyarankan minum teh yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Teh hijau untuk kolesterol

Tim peneliti di Akademi Ilmu Kedokteran China melakukan tinjauan literatur untuk mengidentifikasi uji coba teh hijau yang relevan pada kadar kolesterol. Mereka melakukan 14 uji coba terkontrol yang melibatkan sebanyak 1.136 orang.

Hasilnya, minum teh hijau secara signifikan bisa menurunkan konsentrasi kolesterol total sebesar 7,20mg/dL.

Konsentrasi kolesterol jahat atau LDL juga berkurang sebesar 2,19mg/dL. Namun, tidak ada efek yang signifikan pada tingkat kolesterol baik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa minum teh hijau bisa membantu seseorang menurunkan kadar kolesterol. Salah satu jenis teh hijau yang bisa Anda pertimbangkan adalah teh matcha.

Teh matcha terbuat dari daun teh muda yang digiling menjadi bubuk hijau terang. Bubuk hijau ini kemudian diaduk dengan air panas untuk dinikmati sebagai matcha green tea.

Berita Terkait

Berita Terkini