Info

Pakai Kacamata atau Pelindung Mata, Penting untuk Menangkal Virus Corona!

Anthony Fauci menyatakan bahwa pelindung mata menjadi hal penting dalam melindungi diri dari virus corona.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi wanita berkacamata - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi wanita berkacamata - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Selain masker, pelindung mata atau kacamata ternyata juga cukup penting dalam melindungi diri dari infeksi virus corona. Hal ini dinyatakan oleh Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Amerika Serikat, Anthony Fauci dalam fitur live instagram di akun ABC News.

"Selain mengenakan masker, orang harus mempertimbangkan menggunakan kacamata atau pelindung mata untuk meningkatkan perlindungan dari Covid-19," kata Dr. Anthony Fauci seperti yang dikutip dari WebMD.

"Jika Anda memiliki kacamata atau pelindung mata, Anda harus menggunakannya," tambahnya. 

Fauci mencatat bahwa kacamata atau pelindung mata akan memberikan perlindungan sempurna pada permukaan mukosa. Permukaan mukosa adalah jaringan lembap yang melapisi bagian-bagian tertentu dari tubuh manusia.

"Anda memiliki mukosa di hidung, di mulut, dan mata. Secara teoretis, Anda harus melindungi semua permukaan mukosa. Jadi, jika Anda memiliki kacamata atau pelindung mata, Anda harus menggunakannya," kata Fauci.

Kacamata atau pelindung mata memang tidak direkomendasikan secara universal. Sehingga Fauci menyatakan bahwa perlengkapan tersebut hanya sebagai pelengkap yang mungkin harus digunakan jika bisa.

Ilustrasi seorang perempuan berkacamata mengenakan masker. [Shutterstock]
Ilustrasi seorang perempuan berkacamata mengenakan masker. [Shutterstock]

Mengenakan kacamata akan menjadi langkah besar di luar penggunaan masker meskipun tidak direkomendasikan oleh satuan tugas virus corona Amerika Serikat. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan kacamata pelindung untuk para profesional perawatan kesehatan di daerah dengan transmisi penularan sedang hingga tinggi. 

"Saya berharap bahwa pemakaian masker dan penutup lainnya tidak hanya akan melindungi kita terhadap Covid-19, tetapi juga membantu melindungi kita dari influenza," ujar Fauci.

Berita Terkait

Berita Terkini