cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 19 September 2020

Sering Dianggap Sehat, 4 Makanan Ini Ternyata Tak Baik untuk Sarapan

Sarapan sehat sebaiknya mencakup serat, protein, dan lemak sehat untuk menambah energi dan rasa kenyang.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi sereal. (Pixabay/ImagesBG)
Ilustrasi sereal. (Pixabay/ImagesBG)

Himedik.com - Sarapan menjadi pondasi penting bagi tubuh untuk seharian beraktivitas. Namun ternyata, ada beberapa makanan yang umumnya dianggap sehat untuk sarapan ternyata malah tidak sehat. Melansir dari Healthline, berikut beberapa makanan dianggap sehat untuk sarapan yang justru sebaiknya harus Anda hindari, antara lain:

1. Sarapan Sereal

Tak sedikit orang berpikir bahwa sarapan sereal  adalah asupan praktis dan begizi baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini karena klaim sereal yang disebut mengandung biji-bjian dan memiliki banyak sumber nutrisi. 

Padahal, sereal biasanya mengalami proses pembuatan panjang dan hanya mengandung sedikit biji-bijian. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi sereal dengan klaim meningkatkan fungsi kekebalan tubuh nyatanya berpotensi sakit sama seringnya dengan anak-anak yang tidak mengonsumsi sereal.

Makan sereal dan susu (Pixabay/ponce_photography)
Makan sereal dan susu (Pixabay/ponce_photography)

Banyak sereal sarapan mengandung tinggi gula yang bahkan lebih besar daripada kue dan dessert. Meski ada tambahan biji-bijian, vitamin, dan mineral tetap tidak akan membuat sereal menjadi makanan sehat untuk sarapan.

2. Roti Panggang dan Margarin

Sama umumnya dengan sereal, roti panggang dengan olesan margarin juga sering disajikan dalam menu sarapan. Padahal ada dua alasan yang membuat makanan ini tidak sehat.

Pertama, tepung dalam roti yang halus mengandung tinggi karbohidrat namun rendah nutrisi dan serat. Hal ini yang bisa meningkatkan kadar gula darah lebih cepat. 

Kedua, margarin mengandung lemak trans yang merupakan jenis lemak paling tidak sehat untuk dimakan. 

3. Jus Buah Kemasan

Minum jus buah kemasan saat sarapan berakibat buruk karena tidak akan menekan rasa lapar dan malah bisa meningkatkan berat badan. Jus buah dipasaran meskipun diklaim sehat nyatanya mengandung kadar gula dan sirup jagung fruktosa tinggi. 

Sementara kadar gula yang tinggi meningkatkan risiko obesitas, sindrom metabolik, diabetes tipe 2 dan penyakit lainnya. Minum jus buah kemasan menyebabkan gula darah naik dengan sangat cepat karena tidak ada lemak atau serat yang memperlambat penyerapan.

Lonjakan insulin yang dihasilkan dan penurunan gula darah mendadak dapat membuat Anda merasa lelah, gemetar, dan lapar.

Ilustrasi sarapan roti panggang. (Shutterstock)
Ilustrasi sarapan roti panggang. (Shutterstock)

4. Granola Bar

Meskipun gandum yang tidak diproses dalam granola mengandung serat tinggi, tapi rata-rata granola bar hanya menyediakan 1-3 gram serat. Selain itu, kudapan ini juga mengandung banyak gula tambahan.

Kandungan protein granola bar juga cenderung rendah.

Terkait

Terkini