cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Gejala Lain Penyakit Parkinson, Waspada Jika Sering Buang Air Kecil!

Keseringan buang air kecil bisa menjadi gejala lain dari penyakit parkinson.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Keseringan buang air kecil bisa jadi tanda penyakit (Suara.com/Shutterstock)
Keseringan buang air kecil bisa jadi tanda penyakit (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Penyakit parkinson disebabkan oleh hilangnya sel-sel saraf di bagian otak tertentu. Umumnya, orang yang menderita kondisi ini menjadi lebih sering buang air kecil.

Sel-sel saraf itu digunakan untuk membantu mengirim pesan antara otak dan sistem saraf. Kondisi ini juga bisa menyebabkan otak semakin rusak dari waktu ke waktu.

Gejala penyakit parkinson cenderung berkembang secara bertahap dan biasanya ringan. Salah satu tanda peringatan utama penyakit Parkinson adalah buang air kecil lebih sering dari biasanya. Yayasan amal Parkinson's Foundation, mengatakan keseringan buang air kecil atau urine biasanya adalah gejala umum dari kondisi neurodegeneratif.

Sebanyak 40 persen dari semua pasien parkinson mengembangkan jenis masalah kemih. Beberapa orang mengaku buang air kecil lebih sering daripada biasanya.

Ilustrasi parkinson (shutterstock)
Ilustrasi parkinson (shutterstock)

Seseorang yang mengalami perubahan terus-menerus pada kebiasaan buang air kecil, maka harus segera mengonsultasikannya dengan dokter. Apalagi perubahan buang air kecil itu terjadi selama 3 minggu atau lebih.

"Penyakit parkinson memiliki banyak ciri yang hampir tidak berhubungan dengan gerakan. Studi terbaru menunjukkan bahwa 30-40 persen orang dengan Parkinson mengalami kesulitan buang air kecil," kata yayasan amal itu dikutip dari Express.

Terlepas dari frekuensi disfungsi urine, inkontinensia urine sebenarnya relatif jarang terjadi. Gejala-gejala kemih paling umum dialami oleh orang dengan parkinson.

"Gejala kemih ini termasuk sering buang air kecil, kesulitan menunda buang air kecil dan rasa urgensi kemih," jelasnya.

Tapi, keseringan buang air kecil bukan berarti Anda menderita penyakit parkinson. Buang air kecil yang berlebihan bisa disebabkan oleh sejumlah faktor termasuk minum lebih banyak cairan daripada biasanya.

Kebiasan buang air kecil lebih sering bisa jadi tanda parkinson bila disertai gejala umum lainnya. Adapun tanda umum penyakit parkinson, termasuk tremor, gerakan lambat dan kekakuan otot.

Terkait

Terkini