cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Sabtu, 19 September 2020

Waspada, 5 Tanda Serangan Jantung yang Tidak Disadari

Sebelum menyerang, masalah serangan jantung ternyata memunculkan beberapa tanda di tubuh!

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)

Himedik.com - Serangan jantung bisa terjadi ketika suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat. Kondisi ini bisa terjadi tiba-tiba sehingga sulit untuk diantisipasi.

Tetapi melansir dari Express, American Heart Association (AHA) menyatakan ada lima tanda yang bisa menunjukkan gejala serangan jantung, antara lain:

1. Nyeri Dada

Gejala pertama serangan jantung menurut AHA adalah nyeri atau sensasi tidak nyaman di dada. Nyeri dada biasanya berpusat di tengah dada dan berlangsung selama lebih dari beberapa menit.

Sensasi muncul seperti tekanan tidak nyaman dan rasa sesak serta nyeri pada dada. Kondisi ini bisa datang dan pergi. 

2. Pusing

Gejala lain dari serangan jantung adalah pusing ditambah dengan mual. Orang dengan gejala serangan jantung juga bisa mengalami muntah dan mengeluarkan keringat dingin. 

3. Nyeri Ringan

Rasa tidak nyaman pada dada menyebar ke rahang, leher, atau punggung. Hal ini bisa muncul dengan rasa tidak nyaman, kaku, hingga nyeri ringan. 

4. Masalah di Lengan

Nyeri dada bisa menjalar ke lengan atau bahu. Dalam hal ini, National Health Service Inggris (NHS) menunjukkan bahwa rasa nyeri dan tidak nyaman biasanya terjadi pada lengan kiri. 

Ilustrasi dada berdebar, serangan jantung. (Shutterstock)
Ilustrasi dada berdebar, serangan jantung. (Shutterstock)

5. Sesak Napas

Sesak napas menjadi tanda lain serangan jantung yang perlu diantisipasi. Saat mengalami kondisi ini, Anda juga bisa mengalami atau tidak mengalami nyeri dada.  

Serangan jantung biasanya karena penumpukan jenis lemak yang disebut kolesterol. Ketika pembuluh darah utama yang memasok jantung tersumbat oleh kolesterol, maka akan menghasilkan penyakit jantung, penyebab utama serangan jantung.

Terkait

Terkini