Info

Si Hijau Menyehatkan, 5 Manfaat Makan Bayam Bagi Tubuh

Bayam menyediakan lebih dari 160% kebutuhan harian untuk vitamin A.

Yasinta Rahmawati

Sayur bayam (pexels)
Sayur bayam (pexels)

Himedik.com - Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang paling populer. Tak hanya mudah dijumpai, bayam juga banyak digemari. Bayam pun cocok diolah menjadi beraneka ragam menu masakan.

Seperti sayuran pada umumnya, bayam memiliki banyak manfaat kesehatan. Dilansir dari Health, berikut lima manfaat kesehatan dari makan bayam.

1. Kaya nutrisi

Meski memiliki sedikit kalori, bayam dikemas dengan nutrisi. Porsi tiga cangkir bayam menyediakan lebih dari 300% kebutuhan harian untuk vitamin K penunjang tulang.

Bayam juga menyediakan lebih dari 160% kebutuhan harian untuk vitamin A, dan sekitar 40% untuk vitamin C. Kedua vitamin itu mendukung fungsi kekebalan dan meningkatkan kesehatan kulit.

Ilustrasi sayur bening bayam. (Shutterstock)
Ilustrasi sayur bening bayam. (Shutterstock)

2. Kaya antioksidan

Selain banyak vitamin dan mineral, bayam memberikan antioksidan yang terkait dengan anti-inflamasi dan perlindungan penyakit. Ini termasuk kandungan kaempferol dan flavonoid yang terbukti mengurangi risiko kanker , serta memperlambat pertumbuhan dan penyebarannya.

3. Melindungi kesehatan mata

Salah satu antioksidan dalam bayam, yang disebut lutein, telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang dapat mengaburkan penglihatan sentral yang tajam yang diperlukan untuk aktivitas seperti membaca dan mengemudi.

AMD adalah penyebab utama kebutaan bagi orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas. Saat ini tidak ada obat atau pengobatan untuk menyembuhkan kondisi tersebut, jadi pencegahan adalah kuncinya.

4. Mendukung kesehatan otak

Efek anti-inflamasi bayam berguna untuk melindungi otak. Data menunjukkan bahwa orang yang makan satu hingga dua porsi sayuran hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif yang sama dengan seseorang yang 11 tahun lebih muda, daripada mereka yang tidak mengonsumsi sayuran hijau.

5. Membantu mengatur tekanan darah

Bayam merupakan sumber nitrat alami, senyawa yang membuka pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah dan meringankan beban kerja jantung.

Dalam sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, 11 pria dan tujuh wanita mengonsumsi empat minuman kaya nitrat yang berbeda, termasuk minuman bayam. Peneliti menemukan bahwa kadar nitrat darah meningkat setelah meminum keempat minuman tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini