Info

Makanan Super, 6 Buah Ini Kaya Nutrisi Baik untuk Tubuh

Mengandung banyak nutrisi, beberapa buah ternyata memiliki kandungan gizi yang begitu baik untuk kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Buah-buahan. (pixabay/couleur)
Buah-buahan. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Dikenal sebagai salah satu makanan super, buah-buahan tentu memiliki kandungan nutrisi tinggi, makanan yang satu ini biasanya dikemas dengan vitamin, mineral, serat, hingga fitonutrien. Oleh karena itu, buah sering kali disebut sebagai salah satu jenis makanan super sehat.

Melansir dari Healthline, beberapa buah memiliki kapasitas sehat yang lebih dari buah lainnya. Berikut adalah beberapa buah super sehat yang perlu Anda tambahkan ke manu harian Anda, antara lain:

1. Plum

Plum dikenal kaya akan asam hidroksinamik, yakni jenis antioksidan polifenol. Kandungan ini bisa mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Plum juga dikenal dengan kandungan vitamin C dan provitamin A karotenoid yang juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Makanan Super, 6 Buah Ini Kaya Nutrisi Baik untuk Tubuh - 1

2. Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan, vitamin C, antosianin, asam fenolik, dan flavonoid. Menurut sebuah penelitian, 21 peserta perempuan yang makan 9 ons stroberi selama 3 minggu memiliki peningkatan antioksidan yang lebih tinggi dalam darah.

Penelitian lain menunjukkan bahwa makan stroberi dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, menurunkan risiko peradangan, dan meningkatkan asupan serat.

3. Anggur

Dalam sebuah studi baru-baru ini yang membandingkan 30 varietas anggur, beberapa jenisnya seperti anggur biasa, anggur merah, hingga anggur hijau menunjukkan bahwa jenis ini memiliki aktivitas antioksidan dan pembasmi radikal bebas yang paling kuat.

Varietas anggur tersebut mengandung antioksidan seperti asam caffeic, epicatechin, catechin gallate, protocatechuic acid, gallic acid, dan rutin. Tak heran jika anggur sering kali dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kanker.

4. Apel

Apel terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, termasuk kanker kolorektal. Hal ini disebabkan karena anggur mengandung sumber antioksidan flavonoid yang terkonsentrasi.

Ilustrasi buah persik. (Shutterstock)
Ilustrasi buah persik. (Shutterstock)

5. Persik

Kulit dan daging buah persik segar memiliki aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi yang lebih tinggi daripada persik yang diolah.

Selain persik mengandung fitonutrien seperti asam fenolat dan karotenoid, buah ini juga memiliki sumber serat, vitamin C, provitamin A, dan kalium.

6. Alpukat

Alpukat dikemas dengan berbagai nutrisi seperti serat, lemak sehat, kalium, magnesium, folat, vitamin C, dan vitamin K1.

Penelitian menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan menekan peningktan kolesterol LDL (jahat).

Berita Terkait

Berita Terkini