Info

Perhatikan Bintik Hitam saat Melihat, Bisa Jadi Tanda Diabetes Tipe 2!

Diabetes tipe 2 bisa menimbulkan sejumlah tanda-tanda aneh, salah satunya bintik hitam mata saat melihat.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi mata, masalah mata, penglihatan - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi mata, masalah mata, penglihatan - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Diabetes tipe 2 nisa terjadi ketika tubuh tidak cukup memproduksi hormon insulin atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Kondisi ini bisa berbahaya jika diabaikan.

Karena tanpa hormon insulin yang cukup, tubuh berjuang untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang bisa digunakan.

Seseorang bisa berisiko menderita diabetes tipe 2 bila mengalami perubahan di bagian matanya. Shahram Kashani, Konsultan Ophthalmic dari ahli bedah retina London, mengatakan pasien diabetes lebih berisiko mengalami penglihatan kabur dan perubahan pada mata.

Saat kondisinya makin parah, diabetes bisa menyebabkan pembuluh darah abnormal berkembang di bagian belakang mata. Kondisi ini bisa menyebabkan sejumlah komplikasi, termasuk eye floaters.

Eye floaters adalah bintik hitam di mata yang mungkin terlihat seperti bintik hitam biasa atau berwarna abu-abu. Masalah penglihatan terkait diabetes ini sering disalahartikan sebagai kondisi medis lain.

Ilustrasi diabetes tipe 2 (shutterstock)
Ilustrasi diabetes tipe 2 (shutterstock)

"Penglihatan yang kabur tidak hanya persoalan perlunya kacamata. Kondisi itu bisa berarti katarak atau degenerasi makula. Pada kasus lebih parah, itu juga bisa jadi tanda peringatan diabetes," kata Shahram Kashani dikutip dari Express.

Saat diabetes berkembang buruk, maka pembuluh darah yang abnormal bisa melukai retina dan berdarah. Pada akhirnya, kondisi ini bisa menyebabkan kehilangan penglihatan atau floaters mendadak.

Masalah penglihatan akibat diabetes adalah penyebab kasus kebutaan nomor satu di kalangan usia kerja. Tapi, sebagian besar kasus masih bisa dicegah.

Jika Anda tidak menyadari adanya perubahan pada penglihatan Anda, dokter akan mendeteksi diabetes dari kelainan retinal, seperti pendarahan kecil atau timbunan lemak selama tes mata biasa.

Tapi, Anda juga belum tentu menderita diabetes hanya karena memiliki floaters atau bintik hitam di mata. Floaters tergolong sangat umum terjadi sebagai bagian dari penuaan.

Masalah penglihatan Anda bisa dikaitkan dengan diabetes, bila Anda juga mengalami gejala umum lainnya ketika gula darah tinggi.

Karena, banyak gejala diabetes yang tidak umum atau sama seperti kondisi medis lain. Sehingga seseorang sering kali terlambat menyadari dirinya menderita diabetes.

Gejala diabetes yang umum termasuk luka yang sulit kering dan lama sembuh, rasa haus yang tak pernah terpuaskan dan buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Anda harus konsultasi dengan dokter bila mengalami salah satu gejala diabetes yang umum maupun tidak. Sehingga dokter bisa mendeteksi adanya diabetes sejak awal.

Diabetes yang lama tak terdeteksi atau dibiarkan bisa menimbulkan komplikasi mematikan, seperti penyakit jantung dan stroke.

Berita Terkait

Berita Terkini