cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Ukur Suhu Tubuh Lewat Pergelangan Tangan Dinilai Lebih Akurat

Alat termometer tembak sendiri menggunakan teknologi infra merah untuk merasakan suhu kulit yang meningkat.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Alat pengukur suhu tubuh, pemindai termal atau termometer inframerah biasa digunakan di perkantoran, mall, supermarket dan ruang publik lainnya selama pandemi virus corona Covid-19.

Tujuannya termometer tembak itu bisa membantu mendeteksi seseorang yang suhu tubuhnya tinggi agar tidak masuk ke ruang publik. Hal itu guna mencegah penyebaran virus corona Covid-19, yang mana salah satu gejalanya demam tinggi.

Umumnya, perkatoran hingga mall menggunakan termometer  inframerah untuk mengukur suhu tubuh agar tidak memerlukan kontak. Tapi, metode pengkuran suhu ini dianggap tidak akurat.

Berdasarkan laporan yang dilansir dari Times of India, hasil deteksi termometer tempat yang akurat bisa serendah 1 dari 5 orang. Pemindaian ini sendiri menggunakan teknologi infra merah untuk merasakan suhu kulit yang meningkat.

Artinya, pemindai ini tidak cukup tepat untuk memprediksi seseorang sedang demam atau lainnya. Akurasinya juga tergantung pada faktor-faktor lain, seperti seberapa jauh jaraknya dari kulit, waktu penyimpanan dan lingkungan hingga batas tertentu.

Ilustrasi termometer alat pengukur suhu tubuh (Shutterstock)
Ilustrasi termometer alat pengukur suhu tubuh (Shutterstock)

Ada perdebatan kontroversial yang mengatakan bahwa pemindai ini juga tidak dapat diandalkan sepenuhnya, karena bukan perangkat medis yang tepat.

Sebuah jurnal medis di AS menyatakan bahwa termometer yang diarahkan ke dahi terkenal buruk, tidak efektif dan tidak bisa diandalkan. Karena, banyak orang menggunakannya pada jarak dan lingkungan yang salah.

Lalu, apa cara yang terbaik untuk mngukur suhu tubuh?

Beberapa ahli mengatakan pemindaian suhu tubuh yang dilakukan pada pergelangan tangan dapat memberikan hasil yang jauh lebih akurat.

Faktanya, penelitian dalam jurnal medis, medRx juga menemukan bahwa pemindaian suhu tubuh melalui pergelangan tangan lebih bisa diandalkan daripada dahi bila menggunakan termometer  inframerah.

Pemindaian termal dengan kekuatan infra merah tinggi dapat berdampak buruk pada area kulit sensitif, seperti dahi dalam jangka waktu panjang. Sinar laser yang digunakan dalam pemindai industri juga bisa merugikan.

Jika pemeriksaan suhu tubuh dilakukan dalam jangka waktu lama, pemindaian yang lebih akurat bisa dilakukan saat pemindai bersentuhan dengan pergelangan tangan atau siku.

Pengujian pada area permukaan yang lebih kecil dan bagian kurang sensitif, seperti pergelangan tangan juga pilihan paling aman.

Adapula beberapa alasan termometer tembak tidak akurat dalam mengukur suhu tubuh, seperti riasan, masalah peredaran darah dan obat-obatan.

Sedangkan, faktor-faktor itu tidak akan memengaruhi pemindaian suhu tubuh melalui pergelangan tangan.

Terkait

Terkini