Info

Tidak Hanya Komplikasi, Obesitas Bisa Bikin Vaksin Covid-19 Kurang Efektif

Obesitas pada pasien Covid-19 dapat menyebabkan komplikasi, bahkan risiko kematian.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi obesitas. (Shutterstock)
Ilustrasi obesitas. (Shutterstock)

Himedik.com - Secara umum, obesitas dapat menyebabkan banyak penyakit. Bagi penderita virus corona, obesitas dapat menyebabkan mereka menderita Covid-19 parah, hingga berisiko tinggi mengalami kematian, menurut sebuah studi dari University of North Carolina di Chapel Hill, Amerika Serikat.

Para peneliti mengatakan ada juga kekhawatiran vaksin menjadi kurang efektif untuk orang obesitas karena respon kekebalan yang lemah.

Para ilmuwan di UNC meninjau data dari 75 penelitian yang dilakukan antara Januari dan Juni yang melibatkan 400.000 pasien virus corona.

Mereka menemukan orang gemuk memiliki risiko 46 persen lebih mungkin tertular Covid-19, dan 113 persen berisiko mengalami peningkatan risiko dirawat di rumah sakit.

Ditambah peluang mereka untuk dirawat di ruang ICU 74 persen lebih besar daripada mereka yang tidak obesitas. Mereka juga berisiko 48 persen lebih besar meninggal akibat virus.

Ilustrasi lelaki mengalami obesitas. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki mengalami obesitas. (Shutterstock)

Tim peneliti melaporkan temuan ini pada Rabu (26/8/2020) di jurnal Obesity Reviews.

Dilansir CNN, obesitas sudah menjadi faktor risiko untuk kasus Covid-19 yang lebih parah karena penyakit penyerta dari kondisi tersebut, seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

"Orang dengan obesitas juga lebih mungkin mengalami penyakit fisik yang membuat tubuh lebih sulit melawan penyakit ini, seperti apnea tidur, yang meningkatkan hipertensi paru, atau indeks massa tubuh yang meningkatkan kesulitan di rumah sakit dengan intubasi," jelas Melinda Beck, profesor di Gillings School of Global Public Health UNC.

Saat penelitian berlanjut pada vaksin virus corona potensial, Beck menunjuk pada penelitian sebelumnya yang menemukan hubungan antara obesitas orang dewasa dan vaksin flu yang kurang efektif. Dia merasa hal yang sama bisa berlaku untuk Covid-19.

"Namun, kami tidak mengatakan bahwa vaksin tidak akan efektif pada orang dengan obesitas, tetapi obesitas harus dipertimbangkan sebagai faktor pengubah untuk pengujian vaksin," tandasnya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini