Info

Minum Es saat Radang Tenggorokan Boleh Kok, Asal...

Tapi tidak semua jenis es krim dapat dikonsumsi saat radang tenggorokan lho!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

radang tenggorokan (Shutterstock)
radang tenggorokan (Shutterstock)

Himedik.com - Orang tua selalu menasihati anaknya untuk tidak makan es krim saat menderita radang tenggorokan. Tapi, ternyata hal ini boleh dilakukan meski dengan beberapa syarat.

Kondisi sakit tenggorokan yang juga disebut sebagai faringitis ini umumnya disebabkan oleh virus, dan tidak memerlukan pengobatan antibiotik.

Meski makan es krim diperbolehkan untuk meredakan dan 'membius' sakitnya, ada beberapa jenis es krim yang justru dapat menyebabkan iritasi.

Dilansir Livestrong, es yang diperbolehkan adalah es loli dan es krim yang lembut. Meminum air dingin juga dapat membantu mematikan rasa di area yang sakit atau meredakan sakit tenggorokan.

Sedangkan jenis es krim yang sebaiknya dihindari, misalnya es krim dengan kacang, potongan kue, atau topping permen lainnya yang mungkin sulit ditelan atau menyebabkan iritasi di tenggorokan.

Ilustrasi es krim. (Shutterstock)
Ilustrasi es krim. (Shutterstock)

Es krim yang sangat manis, contohnya dengan tambahan saus karamel atau fudge, mungkin lebih mengiritasi tenggorokan yang meradang.

Berdasarkan Hello Sehat, es krim dapat menjadi pilihan untuk meredakan sakit karena dapat membuat tenggorokan mati rasa dan meringankan nyeri untuk sementara.

Pada sebuah artikel yang terbit pada 2013 silam oleh Profesor Ron Eccles, menjelaskan bahwa es loli dapat menurunkan temperatur pada ujung saraf dalam tenggorokan, sehingga mengurangi rasa nyeri.

Terlepas dari rekomendasi umum ini, sebenarnya belum ada penelitian berkualitas yang tersedia untuk membuktikan manfaatnya.

Berita Terkait

Berita Terkini