Info

Mata Kering selama Pandemi Covid-19? Bisa Jadi karena Pemakaian Masker!

Pemakaian masker selama pandemi virus corona Covid-19 bisa menyebabkan mata kering.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker, mata kering (Pixabay/rottonara)
Ilustrasi masker, mata kering (Pixabay/rottonara)

Himedik.com - Kebiasan memakai masker selama pandemi virus corona Covid-19 telah menimbulkan banyak keluhan, salah satunya mata kering.

Menurut Profesor Lyndon Jones dari School of Optometry & Vision Science di University of Waterloo, para ilmuwan telah menamakan kondisi mata kering terkait masker sebagai MADE.

"Orang dengan penyakit mata kering melaporkan gejala yang makin buruk. Kejadian ini bermasalah bagi puluhan juta orang di seluruh dunia," jelas Profesor Lyndon Jones dikutip dari The Sun.

Secara bersamaan, pasien virus corona Covid-19 asimtomatik mengalami mata yang tidak nyaman dan penglihatannya berubah untuk pertama kalinya, terutama saat membaca atau menggunakan perangkat digital dalam jangka waktu lama.

Mata menjadi kering ketika ada ketidakseimbangan pada film air mata kita alias cairan yang melapisi mata. Profesir Jones mengatakan masker bisa memengaruhi keseimbangan selaput air mata karena pengurangan udara yang menyebar keluar dari mulut dan hidung.

Ilustrasi masker. (Pexels/Billy Markus)
Ilustrasi masker. (Pexels/Billy Markus)

"Masker wajah secara signifikan mengurangi penyebaran udara keluar dari mulut dan hidung. Tapi, udara yang dihembuskan bisa menyebar luas ketika masker cukup longgar dan rute paling mungkin adalah ke atas," jelasnya.

Kondisi ini memaksa aliran udara di atas permukaan mata menciptakan kondisi yang mempercepat penguapan lapisan air mata, seperti hembusan angin yang stabil di atas kulit lembab.

Saat masker dipakai dalam waktu lama, penguapan berulang ini bisa menyebabkan bintik-bintik kering pada permukaan mata. Hal yang paling mengkhawatirkan, mata kering bisa mendorong seseorang untuk menyentuh mata yang bisa meningkatkan risiko virus corona Covid-19.

"Penularan virus corona Covid-19 bisa terjadi melalui mulut dan hidung. Pada tingkat yang lebih rendah, virus bisa menular melalui mata. Memegang wajah tanpa mencuci tangan bisa meningkatkan kemungkinan infeksi virus corona," jelas Profesor Jones.

Untungnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan mata kering. Pertama, singkirkan hal yang menyebabkan mata kering.

Kedua, pastikan Anda menggunakan masker dengan benar, terutama memakai kacamata biasa maupun kacamata hitam.

Anda perlu memakai masker dengan rapat di bagian tepinya agar tidak ada udara yang bisa keluar dari sela-sela. Cara ini bisa mencegah mata kering akibat penggunaan masker.

Selain itu, Anda juga perlu membatasi waktu berada di lingkungan ber-AC atau berangin ketika memakai masker. Anda juga perlu istirahat lebih teratur dari penggunaan perangkat digital.

Berita Terkait

Berita Terkini