Info

Konsumsi Mulai Sekarang! Vitamin C Bisa Membuat Tulang Sehat hingga Tua

Vitamin C memiliki manfaat jangka panjang pada kesehatan tulang.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Lansia. (pixabay/stevepb)
Lansia. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Seperti kemampuan yang lain, massa otot rangka dan kekuatan untuk bergerak akan semakin menurun ketika bertambah tua. Hal ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut sarcopenia.

Sarcopenia mempengaruhi lebih dari 50 juta orang di atas usia 50 tahun di seluruh dunia, dan berkontribusi pada diabetes tipe 2, kelemahan, cacat fisik, kehilangan kemandirian dan kualitas hidup yang buruk.

Sebuah makalah terbaru yang terbit dalam Journal of Nutrition menunjukkan semakin banyak pola makan mengandung vitamin C yang dikonsumsi orang paruh baya dan lebih tua, semakin besar massa otot rangka mereka.

Vitamin C diketahui memainkan peran penting dalam kesehatan tulang, tetapi juga dapat membantu mempertahankan otot yang kuat. Vitamin ini hanya terdapat pada sayuran, kentang, dan buah-buahan.

Studi ini melihat data yang dikumpulkan dari lebih dari 18.000 pria dan wanita dalam kohort Investigasi Prospektif Eropa ke dalam Kanker dan Nutrisi Norfolk, berusia 42 hingga 82 tahun.

3 Efek Bahaya Kelebihan Vitamin C
Vitamin C (Shutterstock)

Peneliti juga mencatat semua yang mereka makan selama tjuh hari. Peneliti mengelompokkan orang-orang menurut asupan vitamin C, mulai dari rendah hingga tinggi.

Mereka juga mempertimbangkan faktor penting lainnya, termasuk aktivitas fisik peserta, protein dan asupan energi, yang mungkin juga memiliki efek pada massa otot rangka.

Dilansir The Conversation, peneliti menemukan peserta yang mengonsumsi jumlah vitamin C tinggi memiliki massa otot terbesar.

Perbedaan terbesar terlihat pada wanita, dalam kategori konsumsi vitamin C tertinggi, massa otot mereka tiga persen lebih besar dibandingkan dengan wanita pada kategori terendah.

Perbedaan ini mungkin relevan secara klinis, terutama karena kebanyakan orang diperkirakan kehilangan 0,5% hingga 1% massa otot setiap tahun setelah usia 50 tahun.

Gambaran serupa terlihat pada mereka yang berusia di bawah dan di atas 65 tahun, menunjukkan vitamin C mungkin nutrisi penting, baik di usia paruh baya maupun lebih tua.

Penemuan ini juga didukung oleh fakta bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin C yang cukup dalam darah memiliki massa otot lebih besar.

Temuan baru ini menambahkan lebih banyak kepastian bahwa vitamin C sangat penting untuk menjaga otot seiring bertambahnya usia, baik untuk orang muda dan orang tua.

Berita Terkait

Berita Terkini