Info

Tidak Efektif, Begini Gambaran Face Shield Kurang Memblokir Percikan Batuk

Penggunaan face shield saja disebut tidak bisa menggantikan masker kain dalam melindungi diri dari virus corona.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi face shield. (Pexels)
Ilustrasi face shield. (Pexels)

Himedik.com - Sekarang ini beberapa orang sudah mulai memilih memakai face shield atau pelindung wajah daripada masker untuk melindungi diri dari penyebaran virus corona.

Meski face shield awalnya memblokir percikan batuk, partikel tetesan kecilnya masih dapat bergerak di sekitar sisi pelindung dan akhirnya menyebar ke area di sekitar wajah.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah visualisasi baru yang menunjukkan mengapa pelindung wajah mungkin bukan penghalang terbaik untuk mencegah penyebaran Covid-19, terbit di jurnal Physics of Fluids pada Selasa (1/9/2020).

"Simulasi dalam studi baru ini menunjukkan bahwa pelindung wajah dan masker dengan katup napas mungkin tidak seefektif masker wajah biasa dalam membatasi penyebaran tetesan aerosol," tulis peneliti, dilansir Live Science.

Untuk simulasi ini, pelindung wajah awalnya membelokkan percikan batuk ke tanah. Tetapi aerosol tetap tersebar di bagian bawah face shield dan kemudian melayang di sekitar sisi wajah, akhirnya menyebar sekitar 0,9 meter ke depan dan samping wajah.

Visualisasi penggunaan face shield atau pelindung wajah (PhysicsofFluids.org)
Visualisasi penggunaan face shield atau pelindung wajah (PhysicsofFluids.org)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC US) tidak merekomendasikan face shield sebagai pengganti masker kain karena kurangnya bukti yang menunjukkan keefektifannya.

Karena ini termasuk simulasi, studi itu tidak memberikan data tentang kondisi pasti yang akan menyebabkan penyebaran infeksi. Misalnya, tidak jelas berapa lama SARS-CoV-2 tetap menular di udara, dan seberapa jauh partikel ini dapat menyebar.

Karenanya, peneliti menekankan untuk tetap mengenakan masker kain sekaligus menjaga jarak fisik untuk mengurangi penularan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini