Info

Hindari 5 Hal Ini setelah Makan, Mulai dari Minum Es Teh hingga Merokok

Minum es teh hingga merokok sering kali dilakukan setelah makan. Namun beberapa hal tersebut ternyata tidak baik untuk kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi makan  (Pixabay/skeeze)
Ilustrasi makan (Pixabay/skeeze)

Himedik.com - Ada beberapa aktivitas yang sebaiknya dihindari setelah makan. Hal ini disebabkan karena aktivitas tertentu bisa menunda pencernaan Anda. 

Melansir dari Healthxchange, berikut adalah beberapa kebiasaan setelah makan yang baiknya dihindari, antara lain:

1. Tidur

Sudah diketahui bahwa tidur atau sekadar berbaring setelah makan tidak baik untuk kesehatan. Sebab, jika Anda langsung tidur setelah makan maka Anda makanan yang Anda konsumsi belum sepenuhnya tercerna. 

2. Merokok

Malasnir dari NDTV, merokok setelah makan akan sangat berbahaya dan merusak seluruh tubuh. Bahkan merokok sebatang setelah makan memiliki efek seperti merokok 10 batang sekaligus.

Ilustrasi merokok.[Unsplash/Irina Iriser]
Ilustrasi merokok.[Unsplash/Irina Iriser]

Merokok setelah makan bisa memengaruhi iritasi pada usus. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bekerja di seluruh tubuh usai makan, sementara nikotin mengikat oksigen dalam darah karena lebih mudah diserap daripada makanan itu sendiri.

Para ilmuwan juga memperingatkan bahwa merrokok setelah makan secara dramatis meningkatkan risiko kanker usus dan paru-paru.

3. Mandi

Mandi setelah makan memperlambat pencernaan. Darah di sekitar perut mengalir ke bagian tubuh lain saat mandi alih-alih membantu pencernaan.

4. Buah

Buah-buahan pada umumnya dianggap sehat, tetapi menonsumsinya setelah makan malah dianggap berbahaya. Konsumsi buah-buahan setelah makan akan membuatnya mengendap terlalu lama di perut dengan makanan lain dan akan membusuk serta berfermentasi di usus. 

Kondisi ini yang akan memicu gangguan pencernaan, mulas, bersendawa, dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya.

Ilustrasi es teh. (Shutterstock)
Ilustrasi es teh. (Shutterstock)

5. Teh

Banyak orang yang minum teh atau es teh setelah makan. Padahal secara umum, daun teh bersifat asam dan akan mempengaruhi proses pencernaan. Jika mengonsumsi protein dalam makanan, asam dari teh akan mengeraskan kandungan protein sehingga sulit dicerna.

Minum teh setelah makan juga akan mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh. 

Berita Terkait

Berita Terkini