cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 20 September 2020

Patuhi Protokol, Ini 4 Cara Aman Makan di Restoran selama Pandemi Covid-19

Makan di luar rumah selama pandemi memang cukup berisiko, sebab Anda mau tidak mau membuka masker saat memasukan makanan. Bagaimana agar tetap aman?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi restoran. (Pixabay)
Ilustrasi restoran. (Pixabay)

Himedik.com - Saat Anda harus makan di luar rumah selama pandemi, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menurunkan risiko tertular virus corona Covid-19. Dalam hal ini, beberapa ahli punya saran untuk menekan kemungkinan penularan virus corona Covid-19 selama makan di restoran atau warung. 

Melansir dari Huffpost, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan saat makan di tempat umum, antara lain:

1. Bersihkan Tangan

Saat Anda memasuki restoran, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan tangan. Meski cuci tangan menjadi metode paling utama, namun para ahli lebih menyarankan Anda menggunakan hand sanitizer saat berada di restoran atau tempat makan. 

Tips tersebut disarankan untuk memperkecil kemungkinan Anda melewati lebih banyak meja saat berjalan ke kamar mandi. Hal ini juga bisa memperkecil kontaminasi di kamar mandi atau tempat cuci tangan yang digunakan banyak orang. 

Ilustrasi makan di restoran saat new normal. (Shutterstock)
Ilustrasi makan di restoran saat new normal. (Shutterstock)

"Sebaiknya gunakan pembersih tangan pribadi yang Anda bawa dan lepaskan masker dengan cara memegang talinya terlebih dahulu sebelum makan," kata dokter penyakit dalam Vivek Cherian. Memegang tali masker dilakukan untuk menghindari transmisi virus yang menempel di permukaan masker ke tangan Anda. 

2. Jaga Jarak dan Pakai Masker saat Berkomunikasi dengan Pegawai

Saat berkomunikasi dengan pegawai restoran, Anda disarankan untuk tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. Usahakan menuntaskan pesanan dalam sekali pesan untuk menghindari pegawai restoran bolak-balik ke meja Anda dan membuat Anda harus copot-pasang masker. 

3. Jangan Letakkan Masker di Meja

Setelah melepaskan masker untuk makan, Anda disarankan untuk tidak meletakkannya di atas meja. "Saat Anda makan di restoran, tempat terakhir untuk meletakkan masker adalah di atas meja," kata Cherian.

Sebagai gantinya, Cherian menyarankan agar Anda membawa wadah masker seperti kantong kertas atau tas cucian kecil, namun pastikan kantong tersebut tak kedap udara agar masker tidak lembap. 

"Masker kain kehilangan keefektifannya jika lembap, bahkan jika lembap karena bernapas secara teratur," kata Cherian. 

Ilustrasi makan malam romantis. (Shutterstock)
Ilustrasi makan di restoran. (Shutterstock)

4. Jangan Pakai Masker Jika Belum Selesai Makan

Memakai masker saat Anda masih belum selesai makan sepenuhnya malah akan mengontaminasi masker Anda.

"Terus-menerus memasang masker saat makan sebenarnya dapat meningkatkan risiko penyebaran Covid-19 karena Anda meningkatkan kemungkinan penyebaran virus dari masker ke tangan Anda dan kemudian menyebarkannya," kata Cherian. Dia menyarankan agar masker hanya dikenakan kembali saat Anda akan meninggalkan restoran.

Terkait

Terkini