cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Minggu, 27 September 2020

Studi: Kunyit Bisa Jadi Pereda Nyeri Lutut akibat Osteoarthritis

Rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan, yakni kunyit, disebut bisa meredakan nyeri akibat osteoartritis lutut atau peradangan sendi di lutut.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi nyeri lutut (Pixabay/nattanan23)
Ilustrasi nyeri lutut (Pixabay/nattanan23)

Himedik.com - Kunyit disebut bisa meredakan nyeri akibat osteoartritis lutut atau peradangan sendi di lutut. Temuan ini dinyatakan oleh para peneliti dari University of Tasmania di Australia. 

Melansir dari Insider, peneliti mempelajari 70 pasien berusia di atas 40 tahun dengan osteoartritis lutut. Separuh pasien menerima dua kapsul dengan total 1000 mg kunyit setiap hari selama 12 minggu, sedangkan separuh lainnya menerima plasebo.

Mereka menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi kunyit melaporkan penurunan nyeri lutut yang cukup signifikan. Mereka juga mengalami fungsi lutut yang lebih baik dan berkurangnya rasa sakit selama mengonsumsi kunyit.

Para peneliti juga melaporkan tidak adanya efek samping dari pengunaan kunyit pada peserta.

Melansir dari Alodokter, osteoarthritis sendiri adalah peradangan kronis yang terjadi pada sendi akibat kerusakan tulang rawan. Osteoarthritis merupakan jenis peradangan sendi yang paling umum terjadi. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku, dan bengkak.

Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)
Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)

Namun, kunyit tidak efektif untuk mengobati keluhan lain dari osteoartritis lutut, seperti meningkatkan fungsi fisik lutut, mengurangi penumpukan cairan, atau meningkatkan kesehatan tulang rawan lutut.

Kunyit sebelumnya memang telah lama digunakan dalam pengobatan China dan India untuk mengobati radang sendi. Dalam konteks ini, peneliti menemukan bahwa bahan aktif dalam kunyit atau senyawa yang disebut kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi. Kurkumin sendiri telah terbukti cukup potensial dalam mengobati osteoartritis. 

Sebuah tinjauan tahun 2016 dari 8 studi juga menemukan bahwa kurkumin sama efektifnya dengan obat nyeri seperti ibuprofen dalam mengobati nyeri lutut.

Terkait

Terkini