Info

Konsusi Empat Makanan Sehat Ini, Berpotensi Turunkan Risiko Kanker!

Banyak makanan dengan kandungan senyawa bermanfaat yang dapat membantu menurunkan pertumbuhan kanker. Apa saja?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Makanan sehat, (pixabay)
Makanan sehat, (pixabay)

Himedik.com - Pola makan dan apa saja yang tubuh konsumsi menjadi cukup berpengaruh pada perkembangan kanker. Hal ini disebabkan karena beberapa makanan memiliki kandungan nutrsi dan senyawa makanan anti-kanker.

Melansir dari Healthline, berikut beberapa makanan yang bisa menurunkan risiko kanker, antara lain:

1. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang dianggap memiliki sifat antikanker yang kuat. Satu penelitian dalam tabung reaksi menunjukkan bahwa sulforaphane mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75 persen.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa asupan sayur silangan seperti brokoli dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang lebih rendah.

2. Wortel

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak wortel dikaitkan dengan penurunan risiko jenis kanker tertentu. Dalam hal ini sebuah analisis menyimpulkan bahwa makan wortel dapat mengurangi risiko kanker perut hingga 26 persen.

Studi lain menemukan bahwa meningkatkan asupan wortel dikaitkan dengan penurunan kanker prostat hingga 18 persen.

Wortel. (shutterstock)
Wortel. (shutterstock)

3. Kacang

Kacang mengandung tinggi serat yang disebut dapat membantu melindungi dari kanker kolorektal.

Satu studi pada 1.905 orang dengan riwayat tumor kolorektal menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak kacang kering yang dimasak cenderung mengalami penurunan risiko kekambuhan tumor.

4. Buah beri

Buah beri mengandung tinggi antosianin yang memiliki sifat antioksidan dan dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

Dalam sebuah penelitian, 25 orang dengan kanker kolorektal diberikan ekstrak bilberry selama tujuh hari dan menunjukkan pengurangan pertumbuhan sel kanker hingga 7 persen. Studi kecil lainnya pada pasien dengan kanker mulut menunjukkan bahwa pemberian raspberry hitam kering beku menunjukkan penurunan tingkat perkembangan kanker. 

Berita Terkait

Berita Terkini