Info

Selain Dehidrasi, Kebiasaan Buruk Ini Picu Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Beberapa faktor dapat menjadi penyebab lingkaran hitam di bawah mata, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

ilustrasi lingkaran hitam di bawah mata (Shutterstock)
ilustrasi lingkaran hitam di bawah mata (Shutterstock)

Himedik.com - Kulit di bawah mata tidak memiliki kelenjar minyak dan termasuk area paling halus, sehingga sangat mudah memicu lingkaran hitam di bawah mata.

Beberapa faktor dapat menjadi penyebabnya, termasuk keturunan, penuaan, stres mental atau fisik, perubahan hormonal, kekurangan nutrisi dan kurang tidur.

Terlalu banyak paparan sinar matahari pun dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit yang juga merupakan penyebab lingkaran hitam.

Seiring bertambahnya usia, kulit juga menjadi lebih tipis dan kehilangan lemak dan kolagen. Ini membuat pembuluh darah biru kemerahan di bawah mata terlihat lebih jelas.

Selain faktor-faktor di atas, gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan kulit tertentu juga dapat membentuk lingkaran hitam di bawah mata. Dilansir The Health Site, berikut beberapa di antaranya.

Samarkan mata panda. (shutterstock)
Ilustrasi mata panda (shutterstock)

1. Tidak cukup tidur

Tidur nyenyak penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk mata dan kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk dan menyebabkan munculnya lingkaran hitam.

2. Tidak menghapus riasan mata

Jika tidak menghapus riasan mata setiap hari, ini dapat mulai menumpuk dan mengubah warna area di bawah mata. Jadi, pastikan menghapusnya sebelum tidur setiap hari.

3. Tidak konsumsi cairan yang cukup

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat kulit dehidrasi, menjadikannya kasar dan tidak merata. Dehidrasi adalah salah satu penyebab lingkaran hitam. Tingkatkan asupan air dan jus untuk menjauhkan lingkaran hitam.

4. Menghapus riasan secara kasar

Bersikaplah lembut saat menghapus riasan sebelum tidur. Kulit di bawah mata sangat sensitif, membersihkan kulit secara agresif dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan lama kelamaan menyebabkan lingkaran hitam.

5. Menggunakan terlalu banyak produk perawatan mata

Produk ini dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan area di sekitarnya serta menimbulkan lingkaran hitam.

Selalu gunakan pelembab sebelum mengaplikasikan produk mata apapun agar tidak menimbulkan efek buruk pada area tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini