Info

Perban 'Ajaib', Ciptaan Dokter Inggris yang Cepat Sembuhkan Patah Tulang

Menurut ilmuwan, temuan ini juga akan merevolusi pengobatan patah tulang.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi orang memakai perban (Shutterstock)
Ilustrasi orang memakai perban (Shutterstock)

Himedik.com - Ilmuwan asal Inggris mengembangkan perban 'ajaib' yang diyakini dapat mempercepat penyembuhan patah tulang. Bahan yang digunakan dalam pembuatan perban ini diyakini mempercepat penyembuhan dan digadang-gadang akan merevolusi pengobatan patah tulang.

"Dibuat dengan dua jenis sel yang dapat menempel pada bagian yang cedera seperti gips," tulis peneliti dalam laporannya.

Teknik yang dijelaskan dalam jurnal Nature Materials ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki jaringan dan organ lain yang rusak, dilansir Mirror.

"Teknologi kami yang pertama untuk merekayasa jaringan mirip tulang dari sel induk tulang manusia di laboratorium dalam waktu satu minggu dan berhasil mentransplantasikannya pada bagian yang rusak untuk memulai dan mempercepat perbaikan," jelas penulis utama, Dr Shuky Habib dari King's College London, Inggris.

Tulang kaki patah bisa ditangani dengan pemasangan pen. (Shutterstock)
Ilustrasi perban. (Shutterstock)

Perban ini diyakini dapat mengurangi rasa sakit, komplikasi, infeksi, dan hasil buruk dari cedera serius. Untuk membuktikannya, peneliti sedang mempersiapkan uji klinis.

Campuran kimiawi dari perban terdiri dari sel induk yang dapat berubah menjadi semua jenis jaringan atau organ, dan sel tulang yang matang.

Perban dilapisi protein, yang digunakan di seluruh tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan serta menyimulasikan bagian tulang yang sehat.

"Perban ini dapat menempel pada retakan seperti plester dan meningkatkan kemampuan alami tulang untuk menyembuhkan, yang mempercepat proses perbaikan," lanjutnya.

Berita Terkait

Berita Terkini