Info

Virus Corona Covid-19 Bisa Picu Ruam Kulit, Ketahui 7 Jenisnya!

Ruam kulit bisa menjadi gejala virus corona Covid-19 yang ada dalam beberapa jenis.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi ruam kulit. (Pixabay)
Ilustrasi ruam kulit. (Pixabay)

Himedik.com - Gejala umum virus corona Covid-19 adalah batuk, demam hingga anosmia. Tapi, ada pula sejumlah orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 mengalami ruam kulit.

Banyak orang mungkin masih kebingungan menentukan ruam kulit yang dialaminya termasuk gejala virus corona Covid-19 atau bukan.

Sebab, ada banyak jenis ruam kulit yang bisa terjadi. Para peneliti pun telah mengidentifikasi 8 jenis ruam kulit yang bisa menjadi tanda potensial virus corona Covid-19.

Para ahli dari King's College London, yang menjalankan aplikasi Covid-19 Symptom Tracker, melihat peningkatan jumlah pengguna aplikasi yang melaporkan gejala virus corona tidak biasa.

Mereka menemukan bahwa 9 persen orang yang positif virus corona Covid-19 mengalami ruam di sekujur tubuh dan ruam di jari tangan atau kakinya.

Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

Para peneliti juga mengatakan ruam kulit ini dua kali lebih umum terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa yang terinfeksi virus corona. Kondisi ini mungkin merupakan prediktor yang baik untuk menjalani tes swab daripada demam dan batuk.

Menurut data mereka yang dilansir dari The Sun, ruam biasanya muncul sebelum, selama atau setelah munculnya gejala virus corona Covid-19. Ruam kulit juga biasanya muncul setelah berminggu-minggu kemudian.

Ruam juga satu-satunya tanda infeksi virus corona Covid-19 pada 21 persen orang yang menjalani tes swab dengan hasil positif.

Para ahli telah meminta orang-orang yang mengalami ruam kulit untuk mengirimkan gambar kondisinya secara anonim untuk penyelidikann lebih lanjut.

Mereka menerima total 3.195 gambar yang ditinjau, diklasifikasikan dan dikurasi oleh tim dokter kulit senior. Mereka juga telah membuat galeri online untuk menampilan 400 grambar bersama British Association of Dermatologists.

Mereka juga telah membagikan dalam 7 jenis ruam kulit yang diindikasikan sebagai gejala virus corona Covid-19.

1. Urtikaria

Benjolan pada kulit yang datang tiba-tiba dan pergi cukup cepat selama berjam-jam biasanya terasa sangat gatal. Kondisi ini bisa dimulai dari bagian tubuh mana pun dan sering kali terasa gatal parah pada telapak tangan atau kaki.

Bahkan ruam kulit ini bisa menyebabkan pembengkakan pada bibir dan kelopak mata. Ruam kulit ini bisa muncul sejak awal infeksi virus corona Covid-19 atau berlangsung lama setelahnya.

2. Cacar air

Ruam kulit yang berupa benjolan merah kecil dan gatal bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, terutama di siku, lutut, punggung tangan dan kaki. Ruam kulit yang disebut cacar air ini bisa bertahan selama berhari-hari hingga berminggu-minggu akibat virus corona Covid-19.

3. Chilblains

Benjolan kemerahan dan keunguan di jari tangan atau kaki mungkin terasa sakit, tetapi biasanya tidak gatal. Jenis ruam ini paling spesitif terkait dengan virus corona Covid-19.

Ruam kulit jenis ini lebih sering terjadi pada orang yang lebih muda dan cenderung muncul di kemudian hari.

Para ahli berharap bahwa mereka bisa membantu orang dan dokter mengidentifikasi ruam jenis ini sebagai tanda virus corona atau bukan.

4. Pityriasis rosea

Pityriasis rosea termasuk jenis ruam kulit yang bersifat musiman, biasanya terjadi pada musim gugur dan musim dingin. Ruam kulit jenis ini biasanya menyerang orang yang lebih muda, tapi lebih banyak orang yang mengalami kondisi ini sejak pandemi virus corona Covid-19.

Karena itu, ruam jenis ini dikaitkan dengan gejala infeksi virus corona Covid-19 meskipun belum pernah terbukti pastinya.

5. Eksim leher dan dada

Ruam jenis ini biasanya muncul di leher dan bagian anterior dada di tempat yang terpapar sinar matahari. Ruam biasanya berwarna merah muda dan sangat gatal. Kondisi ini bisa muncul kapan pun selama atau setelah infeksi virus corona.

6. Purpura

Ruam kulit jenis ini biasa berbentuk bintik merah tua atau keunguan yang bisa menyebabkan bercak seperti memar. Bercak ini disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah kecil yang dangkal dengan pendarahan kulit.

7. Exanthem

Ruam kulit berupa bercak kemerahan atau benjolan di seluruh tubuh ini biasa dikaitkan dengan infeksi virus corona Covid-19, bila terjadi gejala lainnya seperti demam, batuk dan melaise.

Berita Terkait

Berita Terkini