Info

Sama Menularnya, OTG dan Pasien Bergejala Punya Beban Virus Setara

Para ahli menunjukkan bahwa pasien Covid-19 OTG berpotensi menularkan virus corona, sama dengan yang bergejala.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Himedik.com - Sebuah studi dari Korea Selatan menunjukkan bahwa pasien Covid-19 atau orang tanpa gejala (OTG) berpotensi menularkan virus, sama dengan mereka yang bergejala. 

Melansir dari The Sun, penulis utama studi Profesor Sung-Han Kim mengatakan temuan tersebut menekankan agar orang-orang mulai mengenakan masker di tempat umum. Para peneliti memeriksa orang-orang yang berada di tempat isolasi pasien dengan Covid-19 ringan di Korea Selatan.

Sebagai bagian dari penelitian, mereka mengevaluasi gejala pasien serta jumlah virus yang mereka bawa di hidung dan tenggorokan mereka. Ada 213 pasien tanpa gejala berat di mana dari jumlah tersebut, 19 persen tidak menunjukkan gejala.

Penelitian mengungkapkan bahwa orang tanpa gejala memiliki viral load atau beban virus yang sebanding dengan pasien yang bergejala.

Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi penularan virus corona. [Shutterstock]

"Orang tanpa gejala sering terjadi di antara mereka yang terinfeksi SARS-CoV-2, tetapi memiliki beban virus yang sebanding dibandingkan dengan pasien bergejala," kata Kim.

"Dengan demikian, mereka dapat menjadi pendorong munculnya infeksi dalam masyarakat," imbuhnya. 

Profesor Sung-Han Kim mengatakan temuan itu mendukung kemungkinan individu tanpa gejala berkontribusi pada penyebaran Covid-19 di masyarakat.

"Beban virus yang serupa antara orang tanpa gejala dan pasien bergejala ini menunjukkan OTG memiliki potensi yang sebanding dalam menyebarkan virus seperti pasien bergejala," kata Kim. 

"Data kami menambahkan dukungan lebih lanjut untuk penggunaan masker bagi masyarakat umum," imbuhnya. 

Berita Terkait

Berita Terkini