Pria

Viral! Desain Ruang Merokok Bandara Bandung Mirip Kuburan

Seorang pria perokok membagikan kisahnya di media sosial karena menyebut gambar kuburan di ruangan itu cukup menyeramkan.

Rauhanda Riyantama

Desain ruang merokok Bandara Husein Sastranegara, Bandung yang mirip kuburan. (Facebook/Dode Yogiswara)
Desain ruang merokok Bandara Husein Sastranegara, Bandung yang mirip kuburan. (Facebook/Dode Yogiswara)

Himedik.com - Ruang merokok atau smoking room di Bandara Husein Sastranegara Bandung tengah viral di kalangan warganet. Bagaimana tidak, seorang pria perokok membagikan kisahnya di media sosial karena menyebut gambar kuburan di ruangan itu cukup menyeramkan sampai-sampai ia rela mematikan rokoknya.

Kisah tersebut sontak mengundang reaksi pihak bandara. Saat ditemui awak media, Andika Nuryaman, Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Husein Sastranegara Bandung mengatakan, ide desain ruang merokok berbentuk kuburan itu berasal dari terbatasnya tempat di bandara. "Hanya tersedia ruangan kecil berukuran 3 x 1,5 meter, mirip seperti liang lahat," katanya.

Desain tersebut  juga sejalan dengan pesan yang tengah digaungkan tentang bahaya merokok. "Filosofinya buat orang berhenti merokok. Ternyata terbukti ampuh, sejak adanya ruang merokok itu banyak pengguna bandara yang akhirnya mengurungkan niat buat merokok," ungkap Andika.

smoking room
Kisah ruang merokok menyeramkan di Bandara Bandung viral di medsos. (Facebook/Dode Yogiswara)

Namun, Andika tak menampik jika ruang merokok berbentuk kuburan menuai pro dan kontra. "Kita enggak pungkiri, ada juga yang protes. Kalau buat perokok ya jadi enggak mau merokok karena seram," katanya.

Sementara itu, Iwan Winaya, selaku Pengelola Bandara Husein Sastranegara Bandung menjelaskan ruang merokok tersebut terletak di area boarding pass keberangkatan domestik. Tepatnya berada di pojok dekat toilet. "Secara ruangan memang terbatas. Paling lima atau empat orang efektifnya. Tempatnya juga kalau bagi yang enggak merokok, enggak akan terlihat," tuturnya.

Iwan menambahkan, ruangan merokok tersebut sudah ada sejak setahun lalu. Ruangan tersebut didesain khusus oleh desainer dari 'Pikir Mikir'. Pihak bandara awalnya justru akan membuat bagian temboknya dari pasir atau tanah yang dilaminating. Namun, ada pertimbangan lain sehingga pihaknya menggunakan dinding yang bercat cokelat seolah-olah liang lahat.

Iwan menuturkan, awal mula kisah ini viral karena ada seorang pria menceritakan saat dirinya tak jadi merokok setelah masuk ke ruang merokok. Cerita kali pertama muncul dari akun Facebook milik Dode Yogiswara.

"Lagi di airport Bandung. Masuk ke smoking room. Ruangan sangat sempit. Ukuran mungkin 3 x 1,5 m dengan design dinding seperti tanah coklat kemerahan. Abis nyalain rokok, iseng liat ke atas, ada gambar ibu-ibu dan bapak-bapak lagi tabur bunga dari atas. Feeling langsung gak enak, buru2 matiin rokok terus keluar," tulisnya.

Sebetulnya, desain ruang merokok bergambar kuburan bukanlah barang baru. Di India, Cancer Patients Aid Association (CPAA) pernah mempublikasikan poster bahaya merokok dengan konsep serupa. Ide untuk memasangnya di langit-langit ruang merokok kemudian bermunculan.

Poster gambar kuburan di India. (Foto: Internet)
Poster gambar kuburan di India. (Foto: Internet)


Sudah cukup menyeramkan bukan?

Berita Terkait

Berita Terkini