Pria

Rahasia Tetap Bugar ala Bos Djarum, Rebut Perunggu Asian Games

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak, Bambang Hartono berlatih Tai Chi.

Rauhanda Riyantama

Michael Bambang Hartono. (ANTARA FOTO/INASGOC/Peter F Momor)
Michael Bambang Hartono. (ANTARA FOTO/INASGOC/Peter F Momor)

Himedik.com - Meski usianya sudah terbilang uzur, semangat Michael Bambang Hartono tak pernah pudar. Pria 78 tahun itu berhasil meraih medali perunggu pada cabang olahraga Bridge Asian Games 2018. Sekaligus tercatat sebagai atlet tertua pada ajang empat tahunan tersebut.

Uniknya, Bambang adalah pemilik perusahaan rokok PT Djarum dengan kekayaan mencapai US$ 11,3 miliar atau setara dengan RP 163,6 triliun. Dilansir Forbes, ia tercatat sebagai orang terkaya ke-75 di dunia.

Bambang menuturkan, di usianya yang hampir menginjak angka delapan tidak tebersit dalam benaknya untuk berhenti menjadi atlet. "Sudah menjadi kewajiban bagi saya untuk mengharumkan nama Indonesia di ajang olahraga Bridge terbesar di Asia," tutur Ketua Pembina PB Gabsi periode 2014-2018 ini.

Di balik konsistensinya selama ini, ternyata Bambang memiliki tips untuk menjaga kesehatan di usia senja. Menjaga kesehatan tubuh dan otak merupakan salah satu rahasianya.

Bambang mengakui, semakin bertambahnya usia maka stamina pun terpengaruh. Tidak hanya fisik, namun juga otak. Untuk menjaganya, ia memperbanyak melakukan meditasi dan berlatih Tai Chi. Jadinya, Bambang masih terlihat gesit meski secara fisik sudah terlihat renta.

Untuk mempersiapkan Asian Games ini, Bambang selalu menyempatkan waktu 2-3 jam untuk berlatih Bridge. Meski sudah dinanti dengan segudang kesibukannya sebagai pebisnis.

Olahraga Tai Chi. (honorshaven.com)
Olahraga Tai Chi. (honorshaven.com)

Dirangkum Himedik dari Magforwomen, olahraga Tai Chi adalah salah satu seni bela diri kuno dari Cina yang dibentuk dari gerakan lembut dan keras yang direfleksikan dari gerakan hewan. Tai-Chi juga baik digunakan untuk olahraga maupun sebagai alat pertahanan.

Terdapat berbagai macam keuntungan Tai-Chi untuk kesehatan. Untuk melakukan olahraga ini perlu memakai pakaian yang longgar untuk membantu sirkulasi udara di tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat Tai-Chi untuk kesehatan.

1.  Melegakan stres

Saat melakukan Tai-Chi Anda memfokuskan pada pikiran Anda dan dengan melakukannya Anda bisa sekaligus melepaskan stress di pikiran Anda dan menjadi lebih santai. Tai-Chi adalah jenis olahraga yang dapat melatih baik pikiran dan tubuh Anda.

2.  Memperkuat tulang

Tai-Chi dipercaya dapat mempertahankan kepadatan tulang pada wanita yang memasuki masa menopause dan banyak studi dilakukan untuk membuktikannya.

3.  Menggunakan gerakan berputar yang lembut

Saat melakukan Tai-Chi, Anda tidak memberikan tekanan pada otot Anda. Secara natural setiap orang dapat melakukannya. Tai-Chi juga dapat dilakukan oleh mereka yang bertubuh sehat dan juga dilakukan oleh mereka yang dalam masa penyembuhan.

4.  Memperkuat tubuh bagian atas 

Anda memang tidak menggunakan beban saat melakukan Tai-Chi tetapi Tai-Chi dapat memperkuat tubuh bagian atas. Hal ini terjadi karena saat melakukan Tai-Chi Anda perlu melatih gerakan tangan tanpa alat pendukung.

5.  Tai-Chi baik orang tua

Manfaat Tai-Chi paling banyak dibuktikan oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Tai-Chi terbukti memperkuat keseimbangan tubuh saat bergerak dan mengurangi resiko jatuh.

6.  Membantu Orang dengan Radang Sendi

Studi menunjukkan bahwa dengan berlatih Tai-Chi dapat meningkatkan fleksibilitas dari otot dan sendi sehingga dapat mengurangi nyeri yang berhubungan dengan radang sendi dan membuat pergerakan tubuh lebih mudah dan cepat

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini