Pria

Wajib Coba, Cara Memutihkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami

Masalah ketiak hitam sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai bahan alami. Penasaran? berikut ulasannya.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi ketiak hitam. (unsplash)
Ilustrasi ketiak hitam. (unsplash)

Himedik.com - Terkhusus bagi wanita, memiliki ketiak hitam menjadi pantangan tersendiri. Terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan. Bahkan, mereka rela gonta-ganti klinik kecantikan demi mendapatkan ketiak yang putih dan bersih.

Ketiak hitam pada dasarnya disebabkan oleh menumpuknya kulit mati akibat sering mencukur bulu ketiak. Tak hanya itu, kerap menggunakan deodoran beralkohol, keringat berlebih, dan ventilasi ketiak yang buruk juga bisa menjadi penyebab ketiak hitam.

Nah, masalah ketiak hitam sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai bahan alami. Dirangkum Himedik dari berbagai sumber, berikut cara memutihkan ketiak hitam dengan bahan alami.

1. Yoghurt dan susu

Yoghurt dan susu. (pixabay)
Yoghurt dan susu. (pixabay)

Cara memutihkan ketiak hitam bisa dilakukan dengan yoghurt dan susu. Sebab dua bahan alami tersebut mengandung asam laktat, sehingga berfungsi sebagai pemutih dan penghalus alami kulit.

Caranya pun cukup mudah. Campurkah 2-3 sendok yoghurt dan 3-4 sendok susu. Kemudian aduk rata dan oleskan pada ketiak dan diamkan selama lebih kurang 40-60 menit dan bilas dengan air hangat.

2. Kentang

Kentang juga dikenal sebagai pemutih alami dan mengandung antiiritasi yang membantu memutihkan bagian ketiak. Selain itu, kentang juga bisa mengurangi rasa gatal.

Cara memutihkan ketiak adalah dengan meletakkan potongan tipis kentang langsung ke ketiak. Cara lainnya bisa dengan jus kentang dan mengoleskannya di bawah ketiak selama 10 hingga 15 menit. Untuk mendapatkan hasil efektif, gunakan dua kali sehari.

3. Madu dan mentimun

Memutihkan ketiak hitam juga bisa menggunakan madu dan mentimun. Caranya pun mudah, siapkan setengah buah mentimun, kupas, dan tumbuk kasar, lalu campurkan tiga sendok madu. 

Gosokkan campuran tersebut pada ketiak selama tiga sampai empat menit dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah selesai, basuk ketiak dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin.

4. Lemon

Ilustrasi air lemon. (Clean Food Crush)
Buah lemon. (Clean Food Crush)

Lemon adalah pemutih alami sekaligus mencerahkan daerah ketiak yang warnanya tidak rata. Cara menggunakannya dengan mengoleskan perasan lemon di daerah ketiak yang gelap setiap hari selama dua sampai tiga menit sebelum mandi.

Lalu setelah itu beri pelembap di bagian tersebut setelah mandi. Lakukan perawatan ini secara rutin, dan rasakan perubahannya setelah tujuh hingga 10 hari perawatan

5. Kulit jeruk

Kulit jeruk sudah sejak lama dikenal bermnafaat untuk kecantikan, salah untuk memutihkan ketiak hitam. Caranya pun mudah, keringkan kulti jeruk terlebih dahulu di bawah sinar matahari.

Kemudian parut dan campurkan sedikiti susu dan air mawar hingga berbentuk pasta. Gunakan campuran tersebut sebagai scrub selama 10 - 15 menit. Bilas dengan air dingin sampai bersih.

Berita Terkait

Berita Terkini