Pria

Fakta Seputar Kanker Otak, Penyakit yang Diidap Penyanyi James Ingram

Ada dua jenis kanker otak yang utama.

Vika Widiastuti

Kanker. (pixabay)
Kanker. (pixabay)

Himedik.com - James Ingram, penyanyi R&B legendaris asal Amerika Serikat meninggal dunia di usia 66 tahun. Menurut keterangan orang terdekatnya, pria yang telah meraih dua Grammy Awards itu meninggal akibat kanker otak

Seperti dilaporkan TMZ, James Ingram sudah beberapa lama mengidap penyakit kanker otak. 

Secara ringkas, kanker otak adalah kondisi di mana tumor ganas muncul di otak, dan memengaruhi kinerja serta fungsinya. Dilansir SUARA.com dari WebMD,  tumor ganas akan menyerap semua darah, nutrisi, hingga jaringan otak, yang membuat otak mengalami kerusakan permanen.

Ada dua jenis kanker otak yang utama, yakni kanker otak primer dan kanker otak metastatik. Kanker otak primer terjadi di sekitar 75 persen kasus kanker otak di dunia, sementara sisanya merupakan kanker otak metastatik.

Kanker otak primer terjadi ketika sel abnormal di dalam otak tumbuh dan berkembang menjadi tumor. Tipe kanker otaknya sendiri biasanya diklasifikasikan berdasarkan tempat munculnya tumor, seperti glioma, meningioma, adenoma, dan lain-lain.

Sementara kanker otak metastatik merupakan kanker otak yang terjadi akibat penyebaran sel kanker dari anggota tubuh lainnya. Contoh kasusnya adalah kanker payudara yang menyebar ke otak, kanker paru yang menyebar ke otak, dan lain-lain.

Ilustrasi CT Scan [Shutterstock]
Pemeriksaan untuk melihat adakah tumor penyebab kanker otak [Shutterstock]

Penyebab pasti munculnya kanker otak hingga saat ini tidak diketahui. Meski begitu, beberapa kelompok memiliki risiko mengidap kanker otak lebih tinggi daripada orang biasa.

Dikutip dari laman Medicine.net, pekerja pengeboran minyak, orang-orang yang bersentuhan dengan bahan kimia, hingga pekerja industri karet berisiko tinggi mengalami kanker otak.

Faktor genetik seperti keturunan dan riwayat keluarga pengidap kanker juga dapat memengaruhi risiko kanker otak. Di sisi lain, faktor lingkungan seperti merokok, paparan radiasi, hingga penyalahgunaan narkoba juga disebut sebagai salah satu risiko.

Nah, berkaca pada James Ingram, itulah pembahasan mengenai kanker otak yang perlu diketahui.

(SUARA.com/M. Reza Sulaiman)

Berita Terkait

Berita Terkini