Pria

Video Viral Pemuda Rusak Motor saat Ditilang, Psikolog Ungkap Sebabnya

Bahkan, aksinya nyaris melukai orang lain.

Vika Widiastuti

Video viral pria rusak motor (Instagram/@pauull_21)
Video viral pria rusak motor (Instagram/@pauull_21)

Himedik.com - Belum lama ini video seorang pria berinsial AS (21) yang merusak motor karena kesal ditilang viral di media sosial. Video tersebut dibagikan oleh akun Instagram @paull_21, Kamis (7/2/2019).

Aksi pemuda yang berkaus putih tersebut sontak menyita perhatian pengguna media sosial. Menurut pengunggah peristiwa itu terjadi di Jalan Letnan Soetopo, Serpong. Tangerang Selatan, Banten.

Bukan hanya membanting motor, pemuda itu juga merusak bodi motor tersebut. Bahkan, aksinya nyaris melukai orang lain. 

Kejadian itu pun membuat netizen bertanya-tanya mengapa pria tersebut nekat melakukan hal itu. Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani mengatakan, kemampuan regulasi emosi pemuda tersebut tidak bagus. "Mengapa tidak bagus? Bisa karena berbagai sebab. Itu harus melalui proses pemeriksaan dulu tentunya," katanya kepada HiMedik.com.

Dia menjelaskan, regulasi emosi merupakan cara seseorang mengantur dan mengekspresikan emosinya agar masih dapat mengekspresikannya dengan baik. Akan tetapi, tidak sampai menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Regulasi emosi menurutnya, mencakup emosi positif dan negatif. "Jika kemampuan regulasi emosi seseorang bagus, walaupun ia marah atau sedih, ia akan masih memilah tempat mana atau waktu kapan untuk mengekspresikan emosi tersebut ," lanjut psikolog di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI Depok tersebut.

Menurutnya, seseorang yang memiliki regulasi emosi yang baik biasanya bisa memilih alternatif perilaku apa agar dia tetap bisa mengekspresikan emosinya, tetapi tak menganggu orang lain. Selain itu, mereka juga akan berpikir dulu sebelum mengekspresikan emosinya.

Di sisi lain, lanjutnya, orang dengan regulasi emosi buruk, biasanya cenderung tidak berpikir tentang semua itu. "Merasa yang penting segera melampiaskan kemarahannya," imbuhnya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini