Pria

Berjuang Lawan Kanker dan Skoliosis, Sutopo Bagikan Video Terbaru

Ia mengaku tulang belakangnya makin miring

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Sutopo Purwo Nugroho terbaring lemah ditemani kucingnya. (Twitter/@Sutopo_PN)
Sutopo Purwo Nugroho terbaring lemah ditemani kucingnya. (Twitter/@Sutopo_PN)

Himedik.com - Sebagai seorang penyintas kanker paru-paru stadium 4B, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo kerap membagikan video perjuangannya melawan penyakit yang ia derita di akun media sosialnya.

Belum lama ini, pria asal Boyolali tersebut membagikan video bagaimana ia memasang korset penyangga tulangnya di akun Twitter, @Sutopo_PN.

Dalam video berdurasi 1:11 detik itu, ia mengungkapkan bahwa dirinya menderita skoliosis, yakni kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal.

Ia terlihat memperagakan bagaimana cara menggunakan korset beserta pesan motivasi untuk menjaga kesehatan.

"Ini adalah korset penyangga tulang saya. Bukan rompi anti peluru atau peramping perut. Korset ini harus saya pakai agar tulang belakang tidak patah dan menahan tulang tidak makin bengkok karena skoliosios.

Memang ribet, tidak nyaman. Makanya sehat itu mahal. Jagalah kesehatan," tulis Sutopo.

Sutopo mengatakan, dirinya sehari-hari harus memakai korset agar tulangnya tetap kuat, tidak patah. Meski terlihat repot saat mengenakannya, ia mengungkapkan ia tetap harus menggunakan korset yang kemudian dilapisi dengan jaket.

"Jadi sehat itu mahal. Ketika kita sadar kalau kita sakit kita tidak bisa menjaga kesehatan. Jagalah kesehatan. Atur gaya hidup yang sehat, pola makan yang sehat, berpikir selalu positif agar diri kita sehat. Tetap semangat," ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini