Pria

Tak Bisa Olahraga, Kisah Remaja yang Bisa Mati Jika Detak Jantungnya Cepat

Ia bahkan tak bisa main sepakbola bersama teman-temannya.

Agung Pratnyawan | Yuliana Sere

Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)

Himedik.com - Seorang remaja bisa mati jika detak jantungnya cepat. Liam Spare (17) menderita sindrom kematian mendadak yang berarti ia berisiko terkena serangan jantung jika detak jantungnya di atas 80 denyut per menit.

Melansir dari dailymail, itu berarti Spare dilarang keras menari, olahraga dan naik roller coaster seperti teman-temannya.

Dia sudah menderita tiga kali serangan jantung dan baru-baru ini mengalami koma setelah jantungnya berhenti saat di gym.

Spare, dari Swadlincote, Derbyshire, Inggris, mengatakan, "Jika saya terlalu bersemangat, seperti aliran adrenalin yang tiba-tiba, itu bisa membunuh saya.

Jika seseorang membuat saya kaget, itu bisa mengejutkan saya dan saya bisa pingsan.

'Bagi saya, peningkatan denyut jantung cukup serius. Saya bisa saja mati kalau terlalu bersemangat. Sangat menakutkan untuk dipikirkan.

Suara Keras Pengaruhi Kesehatan Jantung. (unsplash)
Suara Keras Pengaruhi Kesehatan Jantung. (unsplash)

''Saya tidak bisa lari cepat. Jogging yang sangat ringan adalah segalanya yang bisa saya kelola. Jelas saya tidak bisa melakukan olahraga apa pun,'' jelasnya.

''Sebagai seorang anak, saya tidak bisa bergaul dengan teman-teman untuk bersosialisasi sampai saudara laki-laki saya dapat menjaga saya. Saya sering tinggal di rumah dan saya melewatkan banyak masa kecil saya.''

''Itu mengecewakan karena semua teman saya dulu mengajak saya kencan dan saya harus mengatakan tidak. Saya merasa telah melewatkan banyak hal,'' tandasnya.

Ibunya, Claire (38) mengatakan dia meminta dokter untuk menyelidiki putranya dan Spare diberikan elektrokardiogram selama 24 jam untuk menguji fungsi jantungnya.

Para ahli di klinik jantung Rumah Sakit Birmingham akhirnya mendiagnosisnya dengan dua kondisi jantung yang mematikan.

Ilustrasi tersenyum. (pixabay)
Seseorang yang optimis bisa meningkatkan kesehatan jantungnya. (pixabay)

Dia menderita katekolaminergik polimorfik ventrikel takikardia, di mana peningkatan denyut jantung karena aktivitas atau stres dapat memicu detak jantung yang tidak normal dan tidak teratur.

Dia juga didiagnosis dengan masalah irama jantung.

''Saya melakukan yang terbaik dan mendapat dukungan keluarga saya. Jika saya merasa detak jantung saya meningkat, saya mulai panik.''

''Saya harus mulai bernapas perlahan untuk mengendalikannya. Saya akan memilih opsi yang aman mulai sekarang. Saya tidak berolahraga lagi. Terlalu riskan bagiku.''

''Saya tidak menyesali keputusan itu. Saya hanya merasa seolah-olah hatiku tidak akan cukup kuat untuk melakukannya.''

''Itu tidak sepadan dengan risikonya,'' tutupnya.

Berita Terkait

Berita Terkini