Pria

Tak Cuma Ibu, Kini Ayah Juga Bisa 'Menyusui' berkat Alat Buatan Jepang Ini

Sebelumnya juga ada temuan yang membuat pria mengeluarkan air susu.

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)
Ilsutrasi menyusui bayi - (Shutterstock)

Himedik.com - Jepang telah menciptakan alat yang membuat ayah bisa menyusui bayi. Para ibu pun bisa mendapat waktu sedikit lebih banyak untuk beristirahat dan meminta suami mereka menyusui si kecil.

Menjadi ibu baru memang melelahkan. Setelah melahirkan, Moms jadi kurang tidur, tubuh masih dalam masa pemulihan, harus mengganti popok, hingga memberi makan anak setiap beberapa jam.

Namun sekarang Moms enggak perlu khawatir. Sebuah perusahaan teknologi Jepang memungkinkan ayah untuk menyusui juga.

Dentsu mengeluarkan alat berjuluk father's nursing assistant (asisten perawat ayah, -red) ini di Austin, Texas di festival South by Southwest (SXSW).

Menurut Dentsu, father's nursing assistant adalah alat yang dapat dipakai, yang menyerupai payudara wanita dan dilengkapi dengan tangki untuk susu atau susu formula dan puting. Perangkat ini juga melacak kebiasaan tidur dan menyusu bayi serta memungkinkan orang tua untuk melihat datanya pada aplikasi.

Perusahaan teknologi ini mengatakan, mereka menciptakan perangkat ini untuk membantu meringankan stres orang tua karena kebiasaan tidur atau menyusu bayi dan untuk membuat ayah berpartisipasi dalam proses itu juga.

"Menyusui juga efektif untuk membantu orang tua tidur, manfaat yang saat ini condong ke wanita," kata Dentsu dalam siaran persnya, dikutip HiMedik.com dari USA Today, Rabu (13/3/2019). "Berfokus pada menyusui, kami bertujuan untuk mengurangi jumlah beban pada ibu dan meningkatkan jumlah waktu tidur bayi dengan memungkinkan ayah untuk menyusui."

Sebelumnya, pada 2018, Marie-Claire Springham, seorang siswa di Inggris, memenangkan hadiah utama Meaning-Centered Design Awards untuk "chestfeeding kit"-nya (perlengkapan menyusui untuk pria, -red).

Para ayah bisa menyusui menggunakan perlengkapan ini dengan cara minum pil progestin setiap hari begitu mereka mengetahui pasangannya hamil, dan kemudian enam minggu sebelum bayi lahir, mereka akan mulai mengonsumsi domperidone. Dua hormon ini akan merangsang produksi susu pada laki-laki.

Berita Terkait

Berita Terkini